Hai, ada yang bisa kami bantu?

Persyaratan Layanan Shopee Partner Voucher Management

1. PENGANTAR

 

1.1 Selamat datang di Shopee Partner Voucher Management (“Platform”). Persyaratan Layanan (“Persyaratan Layanan”) ini merupakan kontrak antara Anda (“Anda”) dan PT Shopee International Indonesia dan mengatur penggunaan seluruh Layanan (sebagaimana diartikan dalam Bagian 2.1 di bawah) oleh Anda. Kami harap Anda membaca Persyaratan Layanan berikut ini sebelum menggunakan Platform atau membuka akun pada Platform (“Akun”), agar Anda mengetahui hak dan kewajiban hukum Anda terhadap kami, beserta afiliasi dan anak perusahaan kami (secara sendiri-sendiri dan bersama-sama disebut sebagai “Perseroan” atau “kami”).

 

1.2 DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN ATAU MEMBUKA SEBUAH AKUN, ANDA MENYATAKAN PERSETUJUAN YANG TIDAK DAPAT DICABUT ATAS PERSYARATAN LAYANAN INI, TERMASUK NAMUN TIDAK TERBATAS PADA, SYARAT DAN KETENTUAN TAMBAHAN SERTA KEBIJAKAN YANG DISEBUTKAN DISINI DAN/ATAU TERKAIT DISINI. JIKA ANDA TIDAK MENYETUJUI PERSYARATAN INI, MOHON TIDAK MENGGUNAKAN LAYANAN ATAU MENGAKSES PLATFORM KAMI. JIKA ANDA BERUSIA DI BAWAH 21 TAHUN ATAU BELUM MENIKAH DAN BERADA DI BAWAH PENGAMPUAN, ANDA HARUS MENDAPATKAN IZIN DARI SALAH SATU ORANG TUA ATAU WALI SAH UNTUK MEMBUKA SEBUAH AKUN, DAN ORANG TUA ATAU WALI YANG SAH TERSEBUT HARUS MENYETUJUI PERSYARATAN LAYANAN INI. JIKA ANDA TIDAK MEMAHAMI KETENTUAN BAGIAN 1.2 INI, MOHON TIDAK MEMBUAT AKUN SAMPAI ANDA TELAH MEMINTA BANTUAN ORANG TUA ATAU WALI SAH ANDA. JIKA ANDA ADALAH ORANG TUA ATAU WALI SAH ANAK DI BAWAH UMUR YANG HENDAK MEMBUAT AKUN, ANDA HARUS MENYETUJUI PERSYARATAN LAYANAN INI ATAS NAMA ANAK DI BAWAH UMUR TERSEBUT, DAN ANDA AKAN BERTANGGUNG JAWAB ATAS SELURUH PENGGUNAAN AKUN ATAU LAYANAN, TERMASUK SETIAP INSTRUKSI DAN/ATAU TRANSAKSI YANG DIBUAT OLEH ANAK DI BAWAH UMUR TERSEBUT, TERLEPAS DARI APAKAH AKUN ANAK DI BAWAH UMUR TERSEBUT DIBUKA SAAT INI ATAU DI KEMUDIAN HARI, DAN TERLEPAS DARI APAKAH ANAK DI BAWAH UMUR TERSEBUT BERADA ATAU TIDAK BERADA DI BAWAH PENGAWASAN ANDA SELAMA IA MENGGUNAKAN LAYANAN KAMI.

 

1.3 Kami berhak melakukan perubahan atas Persyaratan Layanan ini setiap saat atau setelah memberikan pemberitahuan sebagaimana dipersyaratkan oleh undang-undang dan peraturan setempat. Penggunaan Layanan dan/atau Platform secara terus menerus oleh Anda, atau registrasi Akun oleh Anda akan dianggap sebagai persetujuan yang tidak dapat dicabut terhadap perubahan yang ada tersebut.

 

1.4 Selanjutnya, kami berhak pada setiap saat, atas kebijakan kami sepenuhnya, mengganti, mengubah, menangguhkan atau menghentikan bagian mana pun dari Platform atau Layanan, baik untuk sementara maupun selama-lamanya, tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Anda. Kami dapat merilis beberapa Layanan atau fitur Layanan dalam versi beta, yang mungkin tidak berfungsi dengan baik atau berfungsi dengan cara yang sama seperti versi terakhirnya, dan kami tidak bertanggung jawab dalam hal demikian. Kami juga dapat menentukan batasan pada beberapa fitur atau membatasi akses Platform atau Layanan Anda berdasarkan kebijakan kami sepenuhnya, dan tanpa pemberitahuan atau kewajiban untuk menyampaikan pemberitahuan.

 

1.5 Kami berhak menolak memberikan akses Platform atau Layanan kepada Anda atau mengizinkan Anda untuk membuka sebuah Akun, karena alasan apa pun.

 

2. LAYANAN

 

2.1 Layanan yang kami berikan atau sediakan dapat meliputi (a) Platform; (b) layanan yang disediakan melalui Platform dan oleh piranti lunak klien Perseroan (“Piranti Lunak”); dan (c) segala informasi, situs web, halaman tertaut, fitur, data, teks, gambar, foto, grafik, musik, suara, video, pesan, label, konten, pemrograman, piranti lunak, layanan aplikasi (termasuk, namun tidak terbatas pada layanan aplikasi seluler), atau materi-materi lain (“Konten”) yang tersedia melalui Platform atau layanan terkait kami (secara bersama-sama disebut sebagai “Layanan”). Layanan tunduk pada Persyaratan Layanan ini, setiap kebijakan yang diterbitkan oleh kami terkait dengan Layanan dan/atau hukum dan peraturan yang berlaku. Setiap fitur baru yang ditambahkan ke, atau yang memperbanyak Layanan juga tunduk pada Persyaratan Layanan ini, kebijakan Perseroan dan/atau hukum dan peraturan yang berlaku. Persyaratan Layanan ini mencakup, namun tidak terbatas pada: (i) penampungan dan penerimaan dana dan (ii) layanan lain yang dapat kami tambahkan dari waktu ke waktu sebagaimana disetujui instansi pemerintah terkait (apabila ada).

 

2.2 Layanan kami dirancang untuk memudahkan para pengguna (“Pengguna”) menggunakan Piranti Lunak kami dalam menerima dan mengelola dana Saldo(-Saldo) (sebagaimana didefinisikan dibawah) serta pembelian Voucher(-Voucher) (sebagaimana didefinisikan dibawah) oleh Pengguna dengan menggunakan Platform. Kami berhak untuk mengubah, meningkatkan, membatasi atau menangguhkan Layanan atau fungsi atau aplikasi terkait pada setiap saat, baik untuk sementara maupun selama-lamanya, tanpa pemberitahuan sebelumnya. Kami juga berhak memperkenalkan fitur, fungsi atau aplikasi baru Layanan atau versi Layanan yang akan datang. Seluruh fitur, fungsi, aplikasi baru, modifikasi, penggantian ke versi yang lebih baru (upgrade) dan perubahan diatur oleh Persyaratan Layanan ini, kecuali ditentukan lain.

 

2.2.1 Penerimaan Dana

 

Anda dapat, sesuai dengan Bagian 9, melakukan penambahan Saldo(-Saldo) dalam Akun Anda dan menggunakan dana tersebut untuk membeli Voucher(-Voucher) yang dilakukan secara otomatis melalui sistem kami oleh Anda dengan menggunakan Platform.

 

Anda mengakui bahwa Akun bukan “tabungan” berdasarkan hukum dan peraturan perbankan yang relevan, sehingga Akun Anda tidak tunduk pada pengaturan penjaminan oleh Lembaga Penjamin Simpanan.

 

2.2.2 Tidak Adanya Tanggung Jawab

 

Dengan menggunakan Layanan kami, Anda setuju bahwa kami dapat menggunakan dan/atau, jika tidak, mengandalkan seluruh informasi dan/atau instruksi yang diberikan oleh Anda kepada kami untuk penggunaan Layanan (“Instruksi”). Anda mengakui dan setuju bahwa Anda bertanggung jawab penuh untuk memastikan ketepatan, kelengkapan dan keakuratan Instruksi Anda dalam segala hal, dan Anda memahami bahwa diperlukan waktu untuk memproses Instruksi tersebut. Instruksi yang diberikan oleh Anda akan dianggap sebagai Instruksi final, dan kami tidak diwajibkan untuk melakukan verifikasi terhadap Instruksi tersebut kepada Anda. Selanjutnya, dengan memberikan Instruksi kepada kami, Anda setuju untuk membayar, atau mengizinkan kami memotong segala biaya dan beban terkait dengan Instruksi dari Akun Anda.

 

Anda mengakui dan setuju bahwa kami tidak memikul tanggung jawab, seandainya kami tidak dapat menyelesaikan Instruksi yang diajukan oleh Anda, karena alasan apa pun yang berada di luar kendali kami, yang termasuk, namun tidak terbatas pada:

 

i. Pusat pemrosesan kami tidak berfungsi dengan sebagaimana mestinya, dan Anda mengetahui atau telah diberitahukan oleh kami mengenai terjadinya malfungsi tersebut sebelum Anda menjalankan Instruksi;

 

ii. Anda tidak memberikan informasi yang benar kepada kami, atau informasi yang Anda berikan menjadi tidak benar;

 

iii. Kami menemukan atau memiliki alasan yang wajar untuk mempercayai bahwa suatu tindakan penipuan, ilegal, terlarang atau kejahatan telah atau akan dilakukan; dan/atau

 

iv. Keadaan-keadaan yang berada di luar kendali kami (seperti, namun tidak terbatas pada kebakaran, banjir, atau gangguan yang disebabkan oleh kekuatan dari luar), sekalipun keadaan-keadaan tersebut dapat diduga atau diprediksi, yang mencegah pelaksanaan Instruksi dengan sebagaimana mestinya, dan kami telah mengambil langkah-langkah pencegahan yang wajar untuk menghindari keadaan-keadaan tersebut.

 

Anda setuju dan mengakui untuk melepaskan dan mengganti rugi kami dari segala tanggung jawab, kerusakan, kerugian, dan/atau klaim dari pihak ketiga lainnya yang mungkin atau akan timbul sehubungan dengan hal yang tersebut di atas.

 

2.3 Kami dapat membatasi setiap atau seluruh Layanan yang tersedia bagi Pengguna, sesuai dengan Persyaratan Layanan ini, kebijakan Perseroan dan/atau hukum dan peraturan yang berlaku. Jenis Instruksi berikut manfaat, fitur, dan fungsi lain dari Layanan yang tersedia bagi seorang Pengguna mungkin berbeda-beda untuk berbagai profil risiko yang ada. Kami tidak memberikan jaminan atau pernyataan bahwa jenis dan lingkup transaksi, manfaat, fitur dan fungsi yang sama akan tersedia bagi seluruh Pengguna.

 

2.4 Kami berhak menolak atau membatalkan Instruksi karena alasan apapun, berdasarkan kebijakan kami sepenuhnya. Situasi yang dapat mengakibatkan ditolak atau dibatalkannya suatu Instruksi adalah termasuk, namun tidak terbatas pada masalah-masalah yang telah diidentifikasi oleh departemen pengendalian penipuan kami, transaksi mencurigakan yang telah diidentifikasi oleh departemen kepatuhan kami, di mana kami memiliki alasan untuk meyakini bahwa Instruksi tersebut tidak sah, melanggar undang-undang, aturan, peraturan, Persyaratan Layanan ini atau esensi dari Persyaratan Layanan ini, atau mungkin mengakibatkan kami atau afiliasi kami harus memikul tanggung jawab. Kami mungkin juga memerlukan verifikasi atau informasi tambahan sebelum menjalankan Instruksi.

 

2.5 Kami dapat menerapkan aturan, pembatasan, larangan, atau langkah-langkah tambahan lain yang, menurut kebijakan kami sepenuhnya, perlu atau wajar dalam hubungannya dengan setiap Instruksi.

 

2.6 Anda bertanggung jawab atas semua aktivitas yang dibuat melalui Platform via Akun yang Anda tunjuk, dengan atau tanpa kuasa, sepengetahuan atau izin Anda, dan tidak akan mengajukan klaim terhadap kami sehubungan dengan penggunaan atau penggunaan yang diakui dilakukan oleh Anda tersebut.

 

3. PRIVASI

 

3.1 Privasi Anda sangatlah penting bagi kami. Untuk melindungi hak Anda secara lebih baik, kami telah menetapkan Kebijakan Privasi Perseroan untuk menjelaskan praktik privasi kami secara rinci. Kami persilakan Anda untuk menelaah Kebijakan Privasi tersebut, untuk memahami bagaimana kami mengumpulkan dan menggunakan informasi yang terkait dengan Akun Anda dan/atau penggunaan Layanan oleh Anda. Dengan menggunakan Layanan atau menyetujui Persyaratan Layanan ini, Anda berarti telah menyetujui pengumpulan, penggunaan, pengungkapan, dan/atau pemrosesan data pribadi atau data perusahaan Anda oleh kami, dan konten yang mungkin telah Anda tambahkan ke Platform, sebagaimana dijelaskan dalam Kebijakan Privasi.

 

3.2 Para Pengguna yang memiliki data Pengguna lain (“Pihak Penerima Informasi”) wajib (i) tunduk pada undang-undang yang berlaku mengenai perlindungan data pribadi; (ii) mengizinkan Pengguna lain (“Pihak Pengungkap Informasi”) untuk menghapus sendiri dirinya dari basis data Pihak Penerima Informasi; dan (iii) mengizinkan Pihak Pengungkap Informasi untuk mengkaji informasi apa saja yang telah dikumpulkan mengenai mereka oleh Pihak Penerima Informasi.

 

4. LISENSI TERBATAS

 

Kami memberikan lisensi terbatas kepada Anda untuk mengakses dan menggunakan Layanan, dengan tunduk pada syarat dan ketentuan yang tercantum dalam Persyaratan Layanan ini, kebijakan Perseroan dan setiap hukum dan peraturan yang berlaku. Kecuali jika kami memberikan persetujuan kepada Anda, lisensi ini tidak memungkinkan Anda untuk menggunakan Layanan untuk kepentingan komersial atau derivatif (termasuk, namun tidak terbatas pada elemen atau Konten pribadi kami). Segala Konten terkait kepemilikan, merek dagang, merek layanan, nama merek, logo dan kekayaan intelektual lainnya yang ditampilkan pada Platform merupakan milik Perseroan, dan jika ada, pemilik pihak ketiga yang disebutkan pada Platform. Kami tidak memberikan hak atau lisensi secara langsung atau tidak langsung kepada pihak manapun yang mengakses Platform untuk menggunakan atau mereproduksi Konten terkait kepemilikan, merek dagang, merek layanan, nama merek, logo dan kekayaan intelektual lainnya, dan tidak satupun pihak yang mengakses Platform dapat mengklaim hak, kepemilikan atau kepentingan apapun atasnya. Dengan menggunakan atau mengakses Layanan, Anda setuju untuk mematuhi hak cipta, merek dagang, merek layanan, dan undang-undang yang berlaku yang melindungi Layanan, Platform dan Konten kami. Anda setuju untuk tidak meniru, mendistribusikan, mempublikasi ulang, menyebarkan, memamerkan secara terbuka, mempertontonkan secara terbuka, mengubah, mengadaptasi, menyewakan, menjual, atau menciptakan karya turunan dari bagian manapun dari Layanan, Platform atau Konten kami. Anda juga dilarang, tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari kami, menduplikasi basis data ke server lain (mirroring) atau membingkai sebagian atau seluruh Konten Platform ini pada server lain atau sebagai bagian dari situs web lain. Selain itu, Anda setuju bahwa Anda tidak akan menggunakan robot, penggali informasi (spider) atau perangkat otomatis maupun proses manual lain untuk memantau atau meniru Konten kami, tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari kami (persetujuan tersebut dianggap diberikan untuk teknologi mesin pencari standar yang digunakan oleh situs web pencari internet guna mengarahkan Pengguna ke situs web ini).

 

5. PIRANTI LUNAK

 

Kecuali disertai dengan perjanjian lisensi tersendiri, setiap Piranti Lunak yang disediakan oleh kami kepada Anda sebagai bagian dari Layanan, tunduk pada ketentuan Persyaratan Layanan ini. Piranti Lunak tersebut memiliki lisensi, tidak dijual, dan kami mencadangkan seluruh hak dan kepemilikan atas Piranti Lunak tersebut yang tidak secara tegas diberikan oleh kami. Skrip atau kode pihak ketiga yang ditautkan ke, atau dirujuk dari Layanan, dilisensikan kepada Anda oleh pihak ketiga yang memiliki skrip atau kode tersebut, bukan oleh kami.

 

Selama penggunaan Layanan oleh Pengguna, kami dapat menggunakan dan meminta "cookies" perangkat milik Pengguna untuk memungkinkan penjelajahan yang lebih nyaman saat Pengguna mengunjungi Platform kembali. Pengguna tidak boleh mengubah cookies apa pun yang dikirim ke perangkatnya dari Platform dan harus memastikan bahwa perangkat milik Pengguna mengirimkan cookies yang benar dan akurat sebagai tanggapan atas permintaan yang relevan dari Platform.

 

6. AKUN DAN KEAMANAN

 

6.1 Untuk mengakses Layanan kami, Pengguna diharuskan melakukan pendaftaran Akun, dengan memberikan nomor telepon seluler dan alamat surel (e-mail) dan/atau dokumen lainnya sebagaimana dipersyaratkan dalam kebijakan Perseroan untuk keperluan pendaftaran Akun. Dengan melakukan pendaftaran untuk membuka Akun, Anda mengonfirmasikan bahwa (a) Anda telah memberikan persetujuan kepada kami untuk menggunakan data pribadi atau data perusahaan Anda untuk pelaksanaan Layanan; (b) Anda akan membayar atau mengizinkan kami untuk memotong dari Akun Anda seluruh biaya yang terkait dengan penggunaan Layanan oleh Anda (apabila ada); dan (c) Shopee dapat menerima atau menolak pendaftaran Anda berdasarkan kebijakan mutlaknya sendiri.

 

6.2 Anda dapat menggunakan Akun Anda untuk mendapatkan akses ke produk, situs web atau layanan lain yang kami telah aktifkan aksesnya, atau yang memiliki ikatan atau bekerja sama dengan kami. Kami belum memeriksa dan tidak bertanggung jawab atas konten, fungsionalitas, keamanan, layanan, kebijakan privasi, atau praktik lain pihak ketiga atas produk, situs web atau layanan tersebut. Jika Anda melakukannya, persyaratan layanan yang berlaku bagi produk, situs web atau layanan tersebut, termasuk kebijakan privasi mereka masing-masing, jika berbeda dengan Persyaratan Layanan ini dan/atau Kebijakan Privasi kami, juga berlaku atas penggunaan produk, situs web atau layanan tersebut oleh Anda.

 

6.3 Anda setuju untuk (a) menjaga kerahasiaan kata sandi Akun Anda, dan hanya menggunakan kata sandi Akun Anda saat masuk ke Akun, (b) memastikan bahwa Anda menutup dan/atau mengunci Akun Anda pada akhir setiap sesi di Platform, (c) segera memberitahu kami mengenai penggunaan Akun Anda secara tidak sah, dan (d) memastikan bahwa informasi Akun Anda benar, lengkap, akurat dan terbaru. Anda sepenuhnya bertanggung jawab atas seluruh kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan Akun Anda, bahkan jika kegiatan atau penggunaan tersebut tidak dilakukan oleh Anda. Kami tidak bertanggung jawab atas setiap kehilangan atau kerugian yang timbul dari penggunaan kata sandi Anda secara tidak sah atau kegagalan Anda untuk mematuhi Bagian 6.3 ini.

 

6.4 Kami dapat meminta Anda untuk menyampaikan dokumen tambahan agar Anda dapat mengakses Layanan kami secara optimal.

 

6.5 Anda bertanggung jawab untuk memberikan informasi yang benar dan akurat saat melakukan registrasi Akun, dan untuk selalu menjaga kemutakhiran informasi Anda, atau memberitahu kami dalam hal terjadi perubahan atas informasi tersebut. Jika Anda ingin mengganti informasi Anda, Anda harus menghubungi kami seperti yang ditentukan dalam Bagian 15.

 

6.6 Anda setuju bahwa kami, karena alasan apapun berdasarkan kebijakan kami sepenuhnya, dan tanpa pemberitahuan atau kewajiban untuk menyampaikan pemberitahuan kepada Anda atau kepada pihak ketiga, segera menghentikan Akun Anda, serta menghapus atau membuang segala Konten yang berkaitan dengan Akun Anda dari Platform. Dasar penghentian tersebut meliputi, namun tidak terbatas pada, (a) atas permintaan Anda, (b) pelanggaran terhadap isi atau semangat Persyaratan Layanan ini, kebijakan Perseroan dan/atau hukum dan peraturan yang berlaku, (c) tindakan penipuan/kecurangan, pelecehan, pencemaran, pengancaman atau penghinaan, (d) tindakan yang merugikan Pengguna lain, pihak ketiga, atau kepentingan bisnis Perseroan, atau (e) sebagaimana diinstruksikan oleh institusi pemerintah yang berwenang atau aparat penegak hukum terkait. Penggunaan Akun untuk tujuan ilegal, penipuan/kecurangan, pelecehan, pencemaran, pengancaman atau penghinaan akan diserahkan kepada otoritas penegak hukum tanpa pemberitahuan kepada Anda. Jika Anda mengajukan tuntutan (karena sebab apapun), baik terhadap kami, atau yang dengan cara apapun melibatkan kami, maka kami dapat menghentikan Akun Anda. Anda setuju dan mengakui bahwa Anda bertanggung jawab sepenuhnya untuk, dan akan melepaskan dan mengganti rugi kami dari segala kerusakan, kerugian dan klaim dari Anda atau pihak ketiga sehubungan dengan penghentian yang tersebut diatas.

 

6.7 Akun Anda dapat dihentikan jika Anda ingin menghentikan kerjasama Anda dengan kami. Dalam skenario ini, Anda perlu mengajukan permintaan kepada kami (seperti yang dijelaskan dalam Bagian 6.6) dan menyelesaikan semua kewajiban Anda dan memastikan bahwa Akun Anda tidak dibekukan/diblokir sebelum dapat dihentikan secara otomatis. Penghentian akan dilakukan sesegera mungkin setelah permintaan diajukan, dengan ketentuan Anda tidak memiliki kewajiban yang tertunda.

 

6.8 Jika terjadi penghentian Akun, Anda tidak berhak untuk mendapatkan pengembalian sisa Saldo dalam Akun dan atas sisa Saldo akan diberlakukan pemotongan biaya operasional (apabila ada). Jika Saldo dalam Akun tidak mencukupi untuk pemotongan biaya yang harus dibayar, Anda diminta untuk menyelesaikan kewajiban ini dengan cara metode yang ditetapkan secara terpisah oleh kami.

 

6.9 Jika Akun Anda diblokir karena penyelidikan oleh pemerintah atau institusi yang berwenang, kami berhak untuk menahan dana Anda tanpa batas waktu dan/atau melepaskan dana tersebut berdasarkan instruksi dari pemerintah atau institusi yang berwenang tersebut.

 

6.10 Anda diizinkan untuk menggunakan Layanan dan/atau membuka sebuah Akun jika yurisdiksi tempat Anda tinggal mengizinkan Anda untuk menyetujui Persyaratan Layanan ini.

 

7. PENGHENTIAN SEMENTARA DAN GANGGUAN SISTEM

 

Jika Anda tidak dapat menggunakan Layanan sebagai akibat pengoperasian Piranti Lunak secara tidak tepat, yang disebabkan oleh salah satu alasan di bawah ini, Anda setuju untuk tidak mewajibkan kami atau afiliasi kami untuk menyampaikan pemberitahuan pada saat kapan pun mengenai:

 

a. penghentian sementara atau pemeliharaan sistem pada Platform kami;

 

b. kegagalan transmisi data, yang disebabkan oleh gangguan atau penghentian sementara peralatan dan/atau sistem telekomunikasi;

 

c. kegagalan pengoperasian sistem yang disebabkan oleh peristiwa keadaan memaksa, yang meliputi, namun tidak terbatas pada angin topan, gempa bumi, tsunami, banjir, pemadaman listrik, perang, serangan teroris, yang berada di luar kendali wajar kami; dan/atau

 

d. terganggu atau tertundanya Layanan yang disebabkan oleh peretasan, pemeliharaan, penggantian ke versi yang lebih baru (upgrade), lembaga perbankan atau regulator, dan sebab-sebab lainnya.

 

Anda setuju dan mengakui bahwa Anda akan melepaskan dan mengganti rugi kami dari segala kerusakan, kerugian dan klaim dari Anda atau pihak ketiga sehubungan dengan penghentian sementara dan gangguan sistem yang tersebut diatas.

 

8. KESALAHAN DAN INSTRUKSI TIDAK SAH

 

8.1 Dalam hal terjadi Instruksi tidak sah atau kesalahan pada Akun Anda akibat kesalahan dan/atau kelalaian kami, kami hanya akan melakukan penggantian dan/atau memberikan ganti rugi atas nilai Instruksi tidak sah atau kesalahan tersebut, sepanjang Anda mengikuti prosedur yang ditetapkan di bawah ini. Dalam hal apapun, cakupan penggantian kami hanya sebatas kerugian langsung yang dialami oleh Anda. Untuk menghindari keraguan, jika Anda memberi akses kepada orang selain Anda sendiri ke Akun Anda (dengan memberi informasi login, kata sandi dan/atau PIN Anda kepada mereka), dan mereka melakukan transaksi dan/atau memberikan Instruksi tanpa sepengetahuan atau izin Anda, Anda bertanggung jawab atas akibat yang timbul dari penggunaan tersebut, tanpa batasan.

 

8.2 Anda harus segera memberitahu kami jika Anda meyakini:

 
  • telah terjadi Instruksi atau pengaksesan tidak sah ke Akun Anda;
  • terdapat kesalahan dalam riwayat Akun Anda;
  • kata sandi, PIN dan/atau kode pembuka kunci Anda telah disusupi;
  • telepon seluler yang digunakan untuk mengaktifkan Akun Anda hilang, dicuri atau dinonaktifkan; atau
  • Anda memerlukan informasi lebih mengenai transaksi yang tercatat dalam riwayat transaksi atau konfirmasi transaksi.

 

8.3 Agar memenuhi syarat untuk mendapatkan perlindungan dari Instruksi tidak sah atau kesalahan pada Akun Anda sesuai Bagian 8.1 dari Persyaratan Layanan ini, Anda harus memberitahu kami dalam waktu dua puluh empat (24) jam setelah Anda mengetahui adanya Instruksi tidak sah atau kesalahan pada Akun tersebut, namun dalam hal apapun, dalam waktu selambat-lambatnya tiga puluh (30) hari setelah Instruksi tidak sah atau kesalahan pada Akun tersebut pertama kali muncul dalam riwayat Akun Anda. Dengan menyampaikan alasan yang masuk akal dan dapat dibuktikan berdasarkan pertimbangan Anda sepenuhnya, kami dapat memperpanjang jangka waktu tersebut, seperti perawatan di rumah sakit, yang menghalangi Anda untuk menyampaikan pemberitahuan kepada kami dalam batas waktu tersebut. Anda harus secara berkala masuk ke Akun Anda dan meninjau riwayat Akun Anda, untuk memastikan tidak terjadi Instruksi tidak sah atau kesalahan. Kami juga mungkin akan mengirim surel ke alamat surel utama yang Anda berikan, untuk memberitahu Anda mengenai setiap transaksi yang terjadi dari Akun Anda. Anda juga harus memeriksa konfirmasi transaksi tersebut untuk memastikan bahwa setiap transaksi telah diotorisasi dan benar.

 

8.4 Untuk Instruksi tidak sah atau kesalahan dalam Akun Anda, Anda dapat memberitahu kami melalui metode-metode sebagaimana diatur dalam Bagian 15. Saat Anda memberitahu kami, mohon sampaikan informasi sebagai berikut kepada kami:

 

  • Nama Anda, nomor kontak dan/atau alamat surel yang terdaftar di Akun Anda sebagaimana dimintakan oleh Perseroan;
  • Rincian wajar dugaan Instruksi tidak sah atau kesalahan, dan penjelasan mengapa Anda yakin bahwa Instruksi tersebut tidak benar, atau mengapa Anda memerlukan lebih banyak informasi untuk mengidentifikasi Instruksi tersebut; dan
  • Nilai dugaan Instruksi tidak sah atau kesalahan tersebut.

 

Jika Anda memberitahu kami secara lisan, kami dapat meminta Anda untuk menyampaikan keluhan atau pertanyaan Anda tersebut dalam bentuk tertulis, dalam waktu sepuluh (10) Hari Kerja. Selama masa penyelidikan, kami mungkin akan meminta informasi tambahan dari Anda.

 

8.5 Segera setelah Anda memberitahu kami mengenai dugaan Instruksi tidak sah atau kesalahan, atau jika kami mengetahui terjadinya hal tersebut:

 

  • Kami akan mengadakan penyelidikan untuk memastikan apakah benar telah terjadi Instruksi tidak sah atau kesalahan, yang memenuhi syarat untuk mendapatkan perlindungan.
  • Kami akan merampungkan penyelidikan dalam waktu sepuluh (10) Hari Kerja terhitung sejak kami menerima pemberitahuan Anda mengenai dugaan Instruksi tidak sah atau kesalahan tersebut. Jika Akun Anda baru (transaksi pertama Akun Anda terjadi kurang dari tiga puluh (30) Hari Kerja sejak tanggal Anda menyampaikan pemberitahuan kepada kami), kami mungkin memerlukan waktu hingga dua puluh (20) Hari Kerja untuk merampungkan penyelidikan ini. Jika kami membutuhkan tambahan waktu, kami mungkin memerlukan waktu hingga empat puluh lima (45) Hari Kerja untuk merampungkan penyelidikan kami (atau hingga sembilan puluh (90) Hari Kerja untuk Akun baru, atau jika transaksi Anda terjadi di titik penjualan dimana Anda hadir secara fisik).
  • Kami akan memberitahukan keputusan yang kami ambil setelah merampungkan penyelidikan.

 

Jika kami menetapkan bahwa Instruksi tidak sah atau kesalahan telah terjadi, kami akan segera mengkreditkan nilai tersebut ke Akun Anda dalam waktu satu (1) Hari Kerja sejak keputusan kami tersebut. Jika kami menetapkan bahwa tidak terjadi Instruksi tidak sah atau kesalahan, kami akan menyertakan penjelasan mengenai keputusan kami dalam surel kami kepada Anda. Anda dapat meminta salinan dokumen yang kami gunakan dalam penyelidikan kami.

 

8.6 Kami akan memperbaiki kesalahan yang kami temukan berdasarkan kebijakan kami sepenuhnya. Jika kesalahan tersebut mengakibatkan Anda menerima kurang dari jumlah yang seharusnya Anda terima, kami akan mengkreditkan selisihnya ke Akun Anda. Jika kesalahan tersebut mengakibatkan Anda menerima lebih dari jumlah yang seharusnya Anda terima, Anda setuju bahwa kami dapat mendebet kelebihan dana tersebut dari Akun Anda.

 

9. SALDO DAN VOUCHER

 

9.1 Setelah Akun Anda aktif di Platform, Anda dapat melakukan permintaan penambahan saldo pada Akun Anda sesuai dengan nilai yang Anda tentukan yang dapat Anda gunakan hanya terbatas untuk membeli produk-produk pada Platform (“Saldo”). Kami akan melakukan review terkait permintaan penambahan Saldo pada Platform. Anda menyetujui bahwa Instruksi atas permintaan penambahan Saldo pada Platform merupakan transaksi yang mengikat dan Anda tidak dapat melakukan perubahan dan/atau pembatalan setelah permintaan penambahan Saldo diajukan di Platform kepada kami.

 

9.2 Jika Instruksi penambahan Saldo disetujui, Anda akan menerima tagihan di Platform atas penambahan Saldo pada Akun Anda dan Anda wajib membayar tagihan tersebut (melalui metode sebagaimana kami tentukan) dan memberikan bukti pembayaran tagihan melalui Akun Anda.

 

9.3 Kami akan melakukan review atas bukti pembayaran Anda. Jika pembayaran telah dikonfirmasi diterima oleh kami, Saldo pada Akun Anda akan bertambah sesuai dengan jumlah Instruksi penambahan Saldo terkait.

 

9.4 Anda dapat melakukan permintaan pembelian Shopee Voucher (“Voucher”) di Platform dimana jumlah dan/atau nilai permintaan pembelian Voucher terbatas sejumlah Saldo yang Anda miliki di Akun Anda. Voucher selanjutnya dapat digunakan oleh pengguna Platform Shopee (“Pengguna Shopee”) ketika melakukan transaksi di Platform Shopee

 

9.5 Anda dapat mengatur spesifikasi Voucher yang hendak Anda beli antara lain:

 

  1. jenis (marketplace atau produk digital);
  2. kode;
  3. denominasi;
  4. periode keberlakuan (maksimal 6 bulan);
  5. penyaringan keberlakuan pada toko atau SKU tertentu; dan/atau
  6. spesifikasi lain sebagaimana ditambahkan pada Platform dari waktu ke waktu.

 

9.6 Anda tidak dapat melakukan perubahan dan/atau pembatalan setelah permintaan pembelian Voucher diajukan di Platform kepada Shopee. Setiap Instruksi pembelian Voucher akan mengurangi Saldo pada Akun Anda sejumlah total nilai Voucher yang Anda beli.

 

9.7 Kami akan melakukan review atas Instruksi pembelian Voucher yang Anda ajukan melalui Platform. Jika Instruksi disetujui, maka Anda akan menerima Voucher di Akun Anda

 

9.8 Setelah Voucher diterima di Akun Anda, Anda bertanggung jawab terhadap pendistribusian Voucher kepada Pengguna Shopee. Anda dapat menetapkan syarat dan ketentuan tambahan untuk penggunaan Voucher oleh Pengguna Shopee sepanjang syarat dan ketentuan tersebut tidak bertentangan dengan Persyaratan Layanan ini dan Kebijakan Shopee. Syarat dan ketentuan tersebut wajib disetujui terlebih dahulu oleh kami sebelum didistribusikan kepada Pengguna Shopee. Anda bertanggung jawab untuk memastikan bahwa Pengguna Shopee sebagai penerima kode Voucher telah tunduk dan menjalankan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Anda kepada Pengguna Shopee untuk bisa mendapatkan Voucher. Dalam hal kami menemukan fakta atau indikasi bahwa Pengguna Shopee mendapatkan Voucher dengan cara yang melanggar syarat dan ketentuan yang telah disepakati di dalam Persyaratan Layanan ini, Kebijakan Shopee atau syarat dan ketentuan tambahan lainnya sebagaimana disebutkan diatas, maka Anda setuju bahwa kami tidak akan bertanggung jawab atas segala kerugian atau klaim yang mungkin timbul sehubungan daripada hal tersebut, termasuk ketika kode Voucher tersebut digunakan oleh Pengguna Shopee di Platform Shopee. Dalam keadaan yang demikian, kami juga berhak untuk menolak penggunaan Voucher tersebut oleh Pengguna Shopee sebagai pembayaran di Platform Shopee.

 

9.9 Kecuali ditentukan terpisah, Anda dan Shopee memahami dan sepakat akan bertanggung jawab untuk pembayaran pajak masing-masing yang timbul dari pelaksanaan Layanan ini dan untuk persyaratan administratif yang berkaitan dengan pajak tersebut berdasarkan hukum yang berlaku di Republik Indonesia. Dalam hal terdapat perubahan ketentuan hukum yang berlaku berkaitan dengan pajak, maka Anda dan Shopee sepakat untuk mengikuti perubahan ketentuan hukum tersebut.

 

9.10 Penambahan Saldo dan pembelian Voucher sebagaimana dimaksud dalam Layanan ini bukan merupakan objek Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penghasilan (PPh).

 

9.11 Segala pajak (jika ada) yang timbul atas pemberian Voucher dari Anda kepada Pengguna Shopee melalui Shopee sebagaimana diatur di dalam Layanan ini merupakan tanggung jawab Anda.

 

9.12 Voucher hanya dapat digunakan selama periode penggunaan Voucher (namun maksimal 6 bulan sejak penerbitan) dan dengan syarat-syarat khusus penggunaan yang ditetapkan oleh kami dan Anda yang akan dipublikasikan kepada Pengguna Shopee di Platform Shopee.

 

9.13 Selama periode penggunaan Voucher, setiap Pengguna Shopee hanya berhak untuk melakukan satu kali penukaran Voucher. Anda setuju bahwa dalam hal kami mendeteksi bahwa satu Pengguna Shopee memiliki beberapa akun aktif maka seluruh transaksi yang dilakukan oleh beberapa akun aktif tersebut akan dianggap dilakukan oleh 1 (satu) Pengguna. Kami berhak untuk membatalkan transaksi, membatalkan dan menarik kembali pemberian potongan harga atau cashback, membekukan akun Pengguna Shopee pada Platform Shopee atau apabila diperlukan mengambil tindakan lain sesuai dengan Kebijakan Shopee dan/atau hukum yang berlaku di Indonesia, apabila kami mendeteksi adanya penggunaan Voucher yang berlebihan dan abnormal pada Platform Shopee yang dilakukan oleh pengguna dengan beberapa akun aktif.

 

9.14 Voucher tidak dapat diuangkan dengan cara dan untuk tujuan apapun. Voucher juga tidak dapat digabungkan penggunaannya dengan voucher lain yang tersedia pada Platform Shopee, kecuali Voucher Toko dan/atau Voucher Biaya Pengiriman.

 

9.15 Setiap Voucher hanya dapat digunakan 1 (satu) kali, yang dimana ketika Voucher digunakan oleh Pengguna Shopee maka jumlah transaksi pada Platform Shopee akan dikurangi sesuai nilai Voucher. Jika jumlah transaksi lebih rendah dari nominal Voucher, maka selisihnya tidak dapat diuangkan dan Voucher juga tidak dapat digunakan kembali.

 

9.16 Anda memberikan kuasa kepada kami, untuk melakukan entri debit atau kredit ke Saldo anda

 

  1. untuk memperbaiki kesalahan ketika memproses suatu transaksi;
  2. dimana kami telah menentukan bahwa Anda telah terlibat dalam penipuan atau aktivitas dan/atau transaksi mencurigakan;
  3. sehubungan dengan Biaya Pemeliharaan Akun; dan/atau
  4. sehubungan dengan penyelesaian perselisihan transaksi, termasuk kompensasi yang harus dibayarkan kepada, atau dari, Anda, tanpa mengurang ketentuan lain manapun dalam Persyaratan Layanan ini yang memperbolehkan entri debit atau kredit tersebut.

 

10. PERNYATAAN PENYANGKALAN

 

10.1 ANDA MENGAKUI DAN SETUJU BAHWA ANDA BERTANGGUNG JAWAB PENUH ATAS AKUN ANDA, DAN KAMI TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS KEAKURATAN ATAU KETERSEDIAAN INFORMASI YANG ANDA MASUKKAN ATAU SIMPAN DALAM PIRANTI LUNAK, TERMASUK, NAMUN TIDAK TERBATAS PADA APAKAH INFORMASI TERSEBUT MERUPAKAN INFORMASI TERKINI ATAU TIDAK.

 

10.2 LAYANAN INI DISEDIAKAN SECARA "APA ADANYA" DAN “SEBAGAIMANA YANG TERSEDIA”, SERTA TANPA JAMINAN, HAK ATAU PERNYATAAN APA PUN YANG DIBUAT OLEH KAMI DALAM BENTUK TERSURAT, TERSIRAT ATAU MENURUT UNDANG-UNDANG, SEHUBUNGAN DENGAN LAYANAN, TERMASUK, NAMUN TIDAK TERBATAS PADA, JAMINAN MUTU, PENCAPAIAN, TIDAK DILAKUKANNYA PELANGGARAN, KELAYAKAN UNTUK DIPERDAGANGKAN, ATAU KESESUAIAN UNTUK TUJUAN TERTENTU, DAN JUGA TIDAK ADANYA JAMINAN YANG DIBUAT SELAMA TRANSAKSI, SELAMA PELAKSANAAN ATAU PENGGUNAAN UNTUK PERDAGANGAN. DENGAN TIDAK MEMBATASI KETENTUAN DI ATAS, KAMI TIDAK MENJAMIN BAHWA LAYANAN ATAU FUNGSI YANG TERDAPAT DI DALAMNYA AKAN TERSEDIA, DAPAT DIAKSES, TANPA GANGGUAN, TEPAT WAKTU, AMAN, AKURAT, LENGKAP ATAU BEBAS DARI KESALAHAN, BAHWA KECACATAN, BILA ADA, AKAN DIPERBAIKI, ATAU BAHWA PLATFORM INI DAN/ATAU SERVER YANG MEMUNGKINKAN KETERSEDIAAN LAYANAN ATAU FUNGSI TERSEBUT BEBAS DARI VIRUS, DENYUTAN/CLOCKS, PENCATAT WAKTU/TIMER, PROGRAM YANG MELAKUKAN PROSES PERHITUNGAN BERKELANJUTAN/COUNTER, CACING KOMPUTER (COMPUTER WORM), KUNCI PIRANTI LUNAK, MEKANISME PENONAKTIFKAN PERANGKAT/DROP DEAD DEVICE, PROGRAM TROJAN-HORSES, PROSES PENGIRIMAN DATA DARI SATU JARINGAN KE JARINGAN LAIN/ROUTINGS, JEBAKAN UNTUK MENJEBAK ADMINISTRATOR AGAR MENJALANKAN PERINTAH TERTENTU/TRAPDOORS, BOM WAKTU, ATAU KODE, INSTRUKSI, PROGRAM ATAU KOMPONEN BERBAHAYA LAINNYA.

 

10.3 ANDA MENGAKUI BAHWA SEGALA RISIKO YANG TIMBUL DARI PENGGUNAAN ATAU PENYELENGGARAAN PLATFORM DAN/ATAU LAYANAN DITANGGUNG OLEH ANDA, SEPANJANG DIIZINKAN OLEH UNDANG-UNDANG YANG BERLAKU. SECARA KHUSUS, ANDA SETUJU BAHWA ANDA BERTANGGUNG JAWAB PENUH UNTUK MENJAGA KERAHASIAAN KATA SANDI, PIN, DAN KODE KEAMANAN YANG DIBERIKAN KEPADA ANDA, DAN ANDA TIDAK DAPAT MENUNTUT KAMI ATAS SETIAP KEHILANGAN ATAU KERUGIAN YANG DIAKIBATKAN OLEH KEGAGALAN ANDA DALAM MENJAGA KERAHASIAAN TERSEBUT.

 

10.4 Anda sepenuhnya menanggung risiko atas setiap pengunduhan data dari sistem kami, dan kami tidak menjamin bahwa data atau sistem kami bebas dari virus komputer atau kode, agen, program, atau makro, yang berbahaya, bersifat destruktif atau merusak.

 

11. PENGECUALIAN DAN BATASAN TANGGUNG

 

11.1 DALAM KEADAAN APAPUN, KAMI TIDAK BERTANGGUNG JAWAB, BAIK DI DALAM KONTRAK, JAMINAN, DI LUAR KONTRAK (TERMASUK, NAMUN TIDAK TERBATAS PADA KELALAIAN (BAIK KELALAIAN YANG MENGAKIBATKAN KERUGIAN, KELALAIAN YANG DIAKIBATKAN OLEH TIDAK DILAKUKANNYA SUATU TINDAKAN ATAU KEWAJIBAN, ATAU KELALAIAN YANG DIALAMATKAN KEPADA KAMI KARENA TINDAKAN ORANG LAIN YANG MENJADI TANGGUNG JAWAB KAMI SECARA HUKUM), TANGGUNG JAWAB PRODUK, TANGGUNG JAWAB MUTLAK ATAU TANGGUNG JAWAB BERDASARKAN TEORI LAIN), ATAU PENYEBAB LAIN DARI TINDAKAN MENURUT ATURAN HUKUM ATAU ASAS KEADILAN, BERDASARKAN UNDANG-UNDANG ATAU ATURAN LAIN, ATAS KERUGIAN KARENA PEMAKAIAN, KEHILANGAN KEUNTUNGAN, KEHILANGAN PENDAPATAN, KEHILANGAN ASET TIDAK BERWUJUD (GOODWILL), KEHILANGAN PENGHEMATAN YANG DIHARAPKAN, ATAU ATAS KERUGIAN YANG BERSIFAT TIDAK LANGSUNG, INSIDENTIL, KHUSUS ATAU KONSEKUENSIAL (TERMASUK, NAMUN TIDAK TERBATAS PADA HILANGNYA DATA, GANGGUAN LAYANAN, KERUSAKAN KOMPUTER, TELEPON ATAU PERANGKAT SELULER), YANG TIMBUL DARI, ATAU SEHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN ATAU KETIDAKMAMPUAN UNTUK MENGGUNAKAN PLATFORM ATAU LAYANAN, TERMASUK, NAMUN TIDAK TERBATAS PADA, KERUGIAN YANG DIAKIBATKAN OLEH HAL-HAL TERSEBUT DI ATAS, BAHKAN JIKA KAMI TELAH DIBERITAHU MENGENAI KEMUNGKINAN KERUGIAN TERSEBUT.

 

11.2 KAMI DAPAT MENETAPKAN PRAKTIK UMUM DAN PEMBATASAN TERKAIT PENGGUNAAN LAYANAN. KAMI BERHAK SEWAKTU-WAKTU MENGUBAH, MENGHENTIKAN SEMENTARA ATAU MENGHENTIKAN BAGIAN MANA PUN DARI LAYANAN, TANPA PEMBERITAHUAN DAN KEWAJIBAN UNTUK MENYAMPAIKAN PEMBERITAHUAN. KAMI DAPAT MENOLAK UNTUK MEMPROSES SUATU TRANSAKSI ATAU INSTRUKSI TANPA PEMBERITAHUAN SEBELUMNYA KEPADA ANDA. KHUSUSNYA JIKA (A) TRANSAKSI ATAU INSTRUKSI TERSEBUT TIDAK MEMENUHI SYARAT DAN KETENTUAN PERSYARATAN LAYANAN INI ATAU SYARAT, ATURAN DAN KEBIJAKAN LAIN YANG BERLAKU, ATAU (B) JIKA KAMI MEMILIKI ALASAN UNTUK MEYAKINI BAHWA TRANSAKSI ATAU INSTRUKSI TERSEBUT AKAN MELANGGAR UNDANG-UNDANG, ATURAN ATAU PERATURAN YANG MUNGKIN MENGAKIBATKAN KAMI ATAU AFILIASI KAMI HARUS MENANGGUNG KEWAJIBAN.

 

11.3 SATU-SATUNYA HAK YANG ANDA MILIKI SEHUBUNGAN DENGAN MASALAH ATAU KETIDAKPUASAN TERHADAP LAYANAN ADALAH MENUTUP AKUN ANDA DAN BERHENTI MENGGUNAKAN LAYANAN.

 

11.4 MENYIMPANG DARI KETENTUAN BAGIAN 11.1 DAN 11.2, JIKA OLEH BADAN PERADILAN PADA YURISDIKSI YANG BERWENANG KAMI TERBUKTI WAJIB BERTANGGUNG JAWAB (TERMASUK ATAS KELALAIAN NYATA), MAKA, SEPANJANG DIPERBOLEHKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU, TANGGUNG JAWAB KAMI KEPADA ANDA ATAU KEPADA PIHAK KETIGA TERBATAS PADA YANG LEBIH KECIL ANTARA: (A) KERUGIAN LANGSUNG YANG ANDA ALAMI, DAN (B) RP 1.000.000 (SATU JUTA RUPIAH).

 

11.5 TIDAK ADA SATU KETENTUAN PUN DALAM PERSYARATAN LAYANAN INI YANG MEMBATASI ATAU MENIADAKAN TANGGUNG JAWAB ATAS KEMATIAN ATAU CEDERA PRIBADI YANG DISEBABKAN OLEH KELALAIAN KAMI, ATAS PENIPUAN/KECURANGAN ATAU ATAS KEWAJIBAN LAIN YANG SECARA HUKUM TIDAK DAPAT DIBATASI DAN/ATAU DIKECUALIKAN.

 

12. PERBUATAN YANG DILARANG

 

12.1 Lisensi untuk penggunaan Platform dan Layanan berlaku hingga diakhiri oleh kami atau sebagaimana dimungkinkan berdasarkan cara sebagaimana diatur dalam Persyaratan Layanan ini (termasuk saat pengakhiran Akun Anda atau penghentian Anda dalam menggunakan Layanan apapun), atau jika Anda gagal mematuhi syarat atau ketentuan Persyaratan Layanan ini. Dalam hal demikian, kami tidak wajib menyampaikan pemberitahuan untuk melakukan pengakhiran tersebut

 

12.2 Anda setuju untuk tidak:

 

  1. melanggar Persyaratan Layanan, Kebijakan Privasi, aturan dan peraturan internal kami, termasuk peraturan untuk acara-acara promosi, dan/atau melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  2. bertindak dengan cara yang melanggar hukum, berbahaya, mengancam, kasar, melecehkan, menggelisahkan, menyusahkan, tidak jujur, mencemarkan, tidak sopan, cabul, merugikan nama baik, melanggar privasi orang lain, kebencian, atau rasis, atau tidak pantas, terhadap karyawan dan agen kami, atau Pengguna lain;
  3. menggunakan Layanan untuk mencelakai anak di bawah umur atau pihak manapun juga;
  4. memberikan informasi palsu, tidak benar atau menyesatkan;
  5. menggunakan Layanan atau bagian dari Layanan untuk kegiatan ilegal;
  6. menggunakan Akun Anda dengan cara yang dapat menimbulkan sengketa, gugatan atau kewajiban lain terhadap kami, Pengguna lain, pihak ketiga, atau yang dapat dianggap sebagai penyalahgunaan sistem kami;
  7. menggunakan Layanan untuk menyamar sebagai orang atau entitas lain, atau memalsukan hubungan Anda dengan seseorang atau suatu entitas;
  8. mengarang-ngarang judul Konten, atau memanipulasi pengidentifikasi guna menyamarkan asal Konten yang dikirimkan melalui Layanan;
  9. menghapus pemberitahuan mengenai kepemilikan dari Platform;
  10. melakukan, mengizinkan atau memberi wewenang untuk melakukan perubahan, penciptaan karya turunan atau penyalinan Layanan tanpa izin yang jelas dari kami;
  11. menggunakan Layanan dengan cara yang dilarang berdasarkan lisensi yang diberikan dalam Persyaratan Layanan;
  12. menggunakan Layanan untuk tujuan penipuan/kecurangan;
  13. menolak untuk bekerja sama dalam penyelidikan atau memberikan konfirmasi atas identitas atau informasi yang Anda berikan kepada kami;
  14. berusaha melakukan dekompilasi, rekayasa mundur, membongkar atau meretas Layanan (atau bagian dari Layanan), atau untuk mengalahkan atau menguasai teknologi enkripsi atau langkah-langkah keamanan yang kami terapkan sehubungan dengan Layanan dan/atau data yang kami kirim, olah atau simpan;
  15. mengumpulkan atau secara tidak sah menggunakan informasi mengenai atau sehubungan dengan pemegang Akun lain, termasuk, namun tidak terbatas pada data atau informasi pribadi;
  16. mengunggah, memposting, mengirim surel, menyebarkan, atau menyediakan Konten yang tidak berhak Anda sediakan berdasarkan undang-undang atau kontrak atau hubungan berdasarkan prinsip kepercayaan (seperti informasi internal, informasi kepemilikan dan informasi rahasia yang diketahui atau diungkapkan sebagai bagian dari hubungan kerja atau berdasarkan perjanjian kerahasiaan);
  17. mengunggah, memposting, mengirim surel, menyebarkan atau menyediakan Konten yang melanggar hak paten, merek dagang, rahasia dagang, hak cipta atau hak kepemilikan lain pihak mana pun;
  18. mengunggah, memposting, mengirim surel, menyebarkan atau menyediakan iklan dan materi promosi yang tidak diminta atau tidak sah, “surat sampah”, “spam”, “surat berantai”, “bisnis dengan skema piramida” atau bentuk ajakan tidak sah lainnya;
  19. mengunggah, memposting, mengirim surel, menyebarkan atau menyediakan materi yang mengandung virus piranti lunak, cacing komputer, program Trojan-horses atau kode, prosedur rutin, berkas, atau program yang dirancang untuk secara langsung maupun tidak langsung menghalangi, memanipulasi, mengganggu, merusak atau membatasi fungsi atau keutuhan piranti lunak atau piranti keras komputer atau data atau peralatan telekomunikasi;
  20. mengganggu aliran normal dialog, mengakibatkan layar “bergulir” melebihi kemampuan mengetik Pengguna lain Layanan, atau bertindak dengan cara yang berdampak negatif terhadap kemampuan Pengguna lain untuk melaksanakan pertukaran secara waktu nyata;
  21. menghalangi, memanipulasi atau mengganggu Layanan atau server atau jaringan yang terhubung ke Layanan atau penggunaan dan kenikmatan Pengguna lain dalam menggunakan Layanan, atau tidak mematuhi persyaratan, prosedur, kebijakan atau peraturan jaringan yang terhubung ke Platform;
  22. mengganggu, memanipulasi atau mengacaukan Layanan, atau server atau jaringan yang terhubung ke Layanan atau penggunaan dan kenikmatan penggunaan Layanan oleh Pengguna lain, atau tidak mematuhi persyaratan, prosedur, kebijakan atau peraturan jaringan yang terhubung ke Platform;
  23. mengambil tindakan atau terlibat dalam suatu tindakan yang secara langsung maupun tidak langsung dapat merusak, melumpuhkan, membebani, atau mengganggu Layanan, atau server atau jaringan yang terhubung ke Layanan;
  24. menggunakan Layanan untuk secara sengaja maupun tidak sengaja melanggar undang-undang, aturan, kitab undang-undang, petunjuk, pedoman, kebijakan, atau peraturan setempat, negara, nasional atau internasional yang berlaku, termasuk, namun tidak terbatas pada peraturan perundang-undangan (baik yang memiliki kekuatan hukum maupun yang tidak) yang berkaitan dengan anti pencucian uang atau pencegahan pendanaan terorisme;
  25. menggunakan Layanan untuk memberikan dukungan atau menyediakan sumber daya material (atau untuk menyembunyikan atau menyamarkan sifat, lokasi, sumber, atau kepemilikan dukungan atau sumber daya material) kepada organisasi-organisasi yang ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia sebagai organisasi teroris asing atau sebagaimana ditetapkan oleh undang-undang dan peraturan yang berlaku;
  26. menggunakan Layanan untuk melanggar privasi orang lain atau untuk "menguntit" atau melecehkan orang lain;
  27. menggunakan Layanan untuk mengumpulkan atau menyimpan data pribadi tentang Pengguna lain sehubungan dengan tindakan dan aktivitas terlarang yang disebutkan di atas; dan/atau
  28. menggunakan Layanan untuk kegiatan-kegiatan lain yang dianggap terlarang di yurisdiksi tempat Anda tinggal.

 

12.3 Jika kami, berdasarkan kebijakan dan/atau penilaian kami sepenuhnya, meyakini bahwa Anda telah melakukan kegiatan-kegiatan terlarang sebagaimana disebutkan di atas, kami dapat mengambil berbagai tindakan, termasuk, namun tidak terbatas pada tindakan-tindakan di bawah ini:

 

  1. Menghentikan sementara atau membatasi akses ke Akun Anda, termasuk namun tidak terbatas pada fitur dan/atau promosi di dalam Platform sehubungan dengan pelanggaran yang Anda lakukan dan kami kategorikan sebagai pelanggaran ringan sampai sedang berdasarkan penilaian kami sendiri sepenuhnya;
  2. Menolak memberikan Layanan kepada Anda (termasuk namun tidak terbatas kepada ketika Anda tidak lulus dalam proses pendaftaran (onboarding) sebagai Merchant) berdasarkan penilaian kami sendiri sepenuhnya;
  3. Menangguhkan sementara Akun Anda, termasuk namun tidak terbatas pada fitur dan/atau promosi di dalam Platform hingga seratus delapan puluh (180) hari, jika hal tersebut secara wajar diperlukan untuk melindungi diri terhadap risiko pertanggungjawaban, sehubungan dengan pelanggaran yang Anda lakukan dan kami kategorikan sebagai pelanggaran sedang sampai berat berdasarkan penilaian kami sendiri sepenuhnya atau jika Anda telah melanggar Persyaratan Layanan, Kebijakan Privasi, kebijakan Perseroan dan/atau hukum dan peraturan yang berlaku di yurisdiksi tempat Anda tinggal;
  4. Menghentikan secara permanen dan total Layanan kepada Anda, menghentikan Akun Anda dan/atau menghapus dan mencabut hak-hak Anda sebagai Merchant sehubungan dengan pelanggaran yang telah Anda lakukan dan kami kategorikan sebagai pelanggaran berat berdasarkan penilaian kami sendiri sepenuhnya;
  5. Mengambil tindakan hukum terhadap Anda; dan/atau
  6. Mengambil tindakan lain yang sesuai dalam situasi tertentu berdasarkan kebijakan Perseroan dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

12.4 Anda memahami bahwa seluruh Konten, baik yang diposting secara terbuka atau dikirimkan secara pribadi, sepenuhnya merupakan tanggung jawab orang yang memposting atau mengirimkan Konten tersebut. Ini berarti bahwa Anda, dan bukan kami, sepenuhnya bertanggung jawab atas Konten yang Anda unggah, posting, kirimkan melalui surel, sebarkan atau sediakan melalui Platform. Kami tidak mengawasi Konten yang diposting di Platform, dan karenanya, kami tidak menjamin keakuratan, keutuhan atau kualitas Konten tersebut. Anda memahami bahwa dengan menggunakan Platform ini, Anda mungkin akan menemukan Konten yang Anda rasa menghina, tidak senonoh atau tidak pantas. Dalam keadaan dan dengan cara apa pun kami tidak bertanggung jawab atas setiap Konten, termasuk, namun tidak terbatas pada kesalahan atau penghilangan dalam Konten, atau kehilangan atau kerugian dalam bentuk apapun yang terjadi sebagai akibat penggunaan, kepercayaan terhadap Konten yang diposting, dikirimkan melalui surel, disebarkan atau tersedia di Platform.

 

12.5 Anda mengakui bahwa kami mungkin melakukan atau tidak melakukan penyaringan awal terhadap Konten, namun kami dan pihak-pihak yang kami tunjuk berhak (tetapi tidak wajib), berdasarkan kebijakan mereka sepenuhnya, melakukan penyaringan awal, menolak, menghapus atau memindahkan Konten yang tersedia di Platform. Tanpa membatasi ketentuan tersebut di atas, kami dan pihak-pihak yang kami tunjuk berhak menghapus Konten yang melanggar Persyaratan Layanan ini, jika kami menerima keluhan dari Pengguna lain, jika kami menerima pemberitahuan mengenai adanya pelanggaran terhadap kekayaan intelektual atau perintah hukum lain untuk melakukan penghapusan, atau jika Konten tersebut (menurut hemat kami) tidak pantas. Kami juga dapat memblokir pengiriman komunikasi (termasuk, namun tidak terbatas pada pembaruan status, pengunggahan, pesan dan/atau obrolan) ke, atau dari Layanan, sebagai bagian dari upaya kami untuk melindungi Layanan atau Pengguna kami, atau untuk melaksanakan ketentuan Persyaratan Layanan ini. Anda setuju bahwa Anda harus mengevaluasi dan menanggung segala risiko yang berkaitan dengan penggunaan Konten, termasuk, namun tidak terbatas pada kebergantungan terhadap keakuratan, kelengkapan, atau kegunaan Konten tersebut. Dalam hal ini, Anda mengakui bahwa Anda tidak dapat mempercayai Konten yang dibuat oleh, atau dikirimkan kepada kami, termasuk, namun tidak terbatas pada informasi yang terdapat di seluruh bagian Platform.

 

12.6 Anda mengakui, mengizinkan dan setuju bahwa kami dapat mengakses, menyimpan dan mengungkapkan informasi Akun dan Konten Anda, jika kami dengan itikad baik meyakini bahwa akses, penyimpanan atau pengungkapan tersebut memang secara wajar diperlukan untuk: (a) mematuhi proses hukum, yaitu, diwajibkan oleh undang-undang, atau sesuai dengan perintah pengadilan atau otoritas pemerintah atau badan regulasi yang memiliki yurisdiksi atas kami; (b) melaksanakan Persyaratan Layanan ini; (c) menanggapi klaim yang menyatakan bahwa Konten melanggar hak pihak ketiga; (d) menanggapi permintaan Anda untuk layanan pelanggan; atau (e) menanggapi setiap keluhan atau permintaan yang Anda ajukan kepada kami atau rekan bisnis kami; dan/atau (f) melindungi hak, kepemilikan atau keamanan pribadi Perseroan, Pengguna kami dan/atau masyarakat.

 

13. KONTRIBUSI ANDA TERHADAP LAYANAN

 

13.1 Dengan mengirimkan Konten untuk disertakan pada Layanan, Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda telah memperoleh semua izin yang diperlukan untuk memberikan lisensi di bawah ini kepada kami. Lebih lanjut Anda mengakui dan setuju bahwa Anda bertanggung jawab penuh terhadap segala sesuatu yang Anda posting atau sediakan pada, atau melalui Layanan, termasuk, namun tidak terbatas pada keakuratan, reliabilitas, sifat, prosedur pemberian lisensi atas kekayaan intelektual, kepatuhan terhadap undang-undang dan pembatasan hukum terkait kontribusi Konten. Anda dengan ini memberikan kepada kami dan penerus hak kami, lisensi yang tidak dapat dicabut, berlaku di seluruh dunia, bersifat non-eksklusif, bebas royalti, dapat disublisensikan dan dipindahtangankan, untuk menggunakan, meniru, mendistribusikan, mempublikasi ulang, menyebarkan, mengubah, mengadaptasi, menciptakan karya turunan, memamerkan secara terbuka, dan mempertontonkan secara terbuka kontribusi Konten tersebut pada, melalui atau sehubungan dengan Layanan, dalam format media apa pun, dan melalui saluran media manapun, termasuk, namun tidak terbatas untuk mempromosikan dan mendistribusikan ulang bagian Layanan (dan karya turunan kami). Lisensi yang diberikan oleh Anda berakhir segera setelah salah satu pihak menghapus kontribusi Konten Anda dari Layanan. Anda memahami bahwa kontribusi Anda mungkin disebarkan melalui berbagai jaringan, dan diubah demi mematuhi dan menyesuaikan dengan persyaratan teknis.

 

13.2 Setiap materi, informasi atau gagasan yang Anda posting pada, atau melalui Layanan, atau diserahkan kepada kami dengan cara apa pun (masing-masing disebut sebagai “Kiriman”), tidak dianggap sebagai rahasia oleh kami, dan dapat disebarluaskan atau digunakan oleh kami atau afiliasi kami untuk tujuan apapun, tanpa kompensasi atau kewajiban apapun kepada Anda, termasuk, namun tidak terbatas pada pengembangan, pembuatan dan pemasaran produk. Dengan menyerahkan Kiriman kepada kami, Anda mengakui dan setuju bahwa kami dan/atau pihak ketiga lainnya dapat secara independen mengembangkan piranti lunak, aplikasi, antarmuka, produk dan modifikasi serta perbaikan terhadap piranti lunak, aplikasi, antarmuka dan produk tersebut, yang identik atau serupa dalam hal fungsi, kode atau karakteristik lainnya, dengan gagasan yang terkandung dalam Kiriman Anda. Oleh karena itu, Anda dengan ini memberikan kepada kami dan penerus hak kami, lisensi yang tidak dapat dicabut, berlaku di seluruh dunia, bersifat non-eksklusif, bebas royalti, dapat disublisensikan dan dipindahtangankan, untuk mengembangkan piranti lunak, aplikasi, antarmuka dan produk yang disebutkan di atas, dan untuk menggunakan, meniru, mendistribusikan, mempublikasi ulang, menyebarkan, mengubah, mengadaptasi, menciptakan karya turunan, memamerkan secara terbuka, dan mempertontonkan secara terbuka Kiriman tersebut pada, melalui, atau sehubungan dengan Layanan dalam format media apa pun, dan melalui saluran media manapun, termasuk, namun tidak terbatas untuk mempromosikan dan mendistribusikan ulang bagian Layanan (dan karya turunan kami). Lisensi yang diberikan oleh Anda ini akan terus berlaku selama kami memutuskan untuk menggunakan Kiriman Anda. Ketentuan ini tidak berlaku bagi informasi pribadi yang tunduk pada kebijakan privasi kami, kecuali apabila Anda membuat informasi pribadi tersebut tersedia untuk umum pada, atau melalui Layanan.

 

14. KONTRIBUSI PIHAK KETIGA TERHADAP LAYANAN

 

Masing-masing kontributor data, teks, gambar, suara, video, piranti lunak dan Konten lain dari Layanan bertanggung jawab penuh atas keakuratan, reliabilitas, sifat, prosedur pemberian lisensi atas kekayaan intelektual, kepatuhan terhadap undang-undang dan pembatasan hukum terkait kontribusi Konten mereka. Oleh karena itu, kami tidak bertanggung jawab atas, dan tidak akan memantau atau memeriksa secara berkala keakuratan, reliabilitas, sifat, prosedur pemberian lisensi atas kekayaan intelektual, kepatuhan terhadap undang-undang dan pembatasan hukum terkait kontribusi Konten. Anda tidak dapat meminta pertanggungjawaban kami atas setiap tindakan atau tidak dilakukannya tindakan oleh Pengguna, termasuk, namun tidak terbatas pada segala sesuatu yang diposting atau disediakan oleh mereka melalui Layanan.

 

15. MASUKAN DAN PEMBERITAHUAN

 

Jika Anda memiliki keluhan, masukan, atau meyakini bahwa seorang Pengguna pada Platform kami melanggar Persyaratan Layanan ini, Anda dapat menghubungi kami:

 

dengan menggunakan fungsi masukan di https://help.shopee.co.id/

 

16. MENGAJUKAN KLAIM PELANGGARAN TERHADAP HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

 

16.1 Jika Anda meyakini bahwa karya Anda (yang disertakan pada Layanan) telah ditiru, dipamerkan, atau disebarkan dengan cara yang merupakan pelanggaran terhadap hak kekayaan intelektual (HKI), Anda dapat menyampaikan pemberitahuan kepada kami melalui berbagai metode yang tersedia, sebagaimana tercantum dalam Bagian 15.

 

16.2 Pemberitahuan mengenai klaim pelanggaran harus dibuat dalam bentuk komunikasi tertulis sebagaimana diatur di bawah ini, dan pada pokoknya harus menyertakan semua hal berikut: (a) tanda tangan fisik atau elektronik orang yang diberi kuasa untuk bertindak atas nama pemilik HKI yang diduga dilanggar; (b) uraian mengenai HKI tersebut dan identifikasi mengenai materi dalam HKI tersebut yang diklaim telah dilanggar; (c) uraian mengenai sebutan jelas HKI yang dilanggar dan letak HKI yang dilanggar pada Layanan; (d) informasi yang cukup, yang memungkinkan kami untuk dapat menghubungi Anda, seperti alamat fisik, nomor telepon dan alamat surel Anda; (e) pernyataan bahwa Anda memiliki itikad baik bahwa penggunaan materi yang dijelaskan dalam klaim dilarang oleh pemilik HKI, agen kami, atau undang-undang; (f) pernyataan Anda bahwa informasi dalam pemberitahuan tersebut akurat, dan di bawah sumpah Anda menyatakan bahwa Anda berwenang untuk bertindak atas nama pemilik HKI.

 

Perwakilan kami dapat dihubungi melalui berbagai metode yang tersedia, sebagaimana tercantum dalam Bagian 15.

 

Perwakilan kami hanya akan menanggapi klaim yang menyangkut dugaan pelanggaran HKI.

 

17. PERNYATAAN DAN JAMINAN ANDA

 

Anda menyatakan dan menjamin bahwa:

 

  1. Anda memiliki kapasitas hukum (dan dalam hal Anda adalah anak di bawah umur, Anda memperoleh izin yang sah dari orang tua atau wali sah Anda), hak dan kecakapan untuk mengikatkan diri pada Persyaratan Layanan ini, dan untuk memenuhi persyaratan kami;
  2. Anda akan menggunakan Layanan hanya untuk tujuan yang sah dan sesuai dengan Persyaratan Layanan ini, berikut seluruh undang-undang, aturan, kitab undang-undang, petunjuk, pedoman, kebijakan dan peraturan yang berlaku;
  3. Anda hanya akan menggunakan Layanan pada perangkat dimana penggunaan Layanan tersebut diizinkan oleh pemilik perangkat;
  4. Anda akan menggunakan Layanan dengan itikad baik dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk undang-undang terkait anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme;
  5. Anda bertanggung jawab penuh untuk menjaga kerahasiaan kata sandi, PIN, dan kode keamanan yang diberikan kepada Anda dan Anda tidak dapat mengajukan klaim terhadap kami atas setiap kerugian atau kerusakan akibat penggunaan kata sandi Anda yang tidak sah atau kegagalan Anda untuk menjaga kerahasiaan tersebut;
  6. Seluruh informasi yang diberikan untuk Akun atau sehubungan dengan pendaftaran Akun adalah benar, lengkap, akurat dan terkini;
  7. kecuali ditentukan lain oleh Anda dan kami, Anda akan bertanggung jawab penuh atas pembayaran pajak, bea, atau pungutan, pembebanan, atau biaya pemerintah lainnya, yang mungkin dikenakan pada Layanan.

 

18. GANTI RUGI

 

Anda setuju untuk, dengan biaya Anda sendiri, mengganti rugi, melindungi dan membebaskan Perseroan, dan para pemegang saham, anak perusahaan, afiliasi, pejabat, agen, pemilik merek bersama dan mitra lainnya, serta para karyawannya (secara bersama-sama disebut sebagai “Pihak Yang Diberi Ganti Rugi”), dari dan terhadap setiap dan segala klaim, tindakan, proses hukum, serta gugatan dan seluruh kewajiban, kerugian, pelunasan, penalti, denda, biaya dan pengeluaran terkait (termasuk, namun tidak terbatas pada biaya hukum yang wajar dan pengeluaran lain terkait penyelesaian sengketa), yang dikeluarkan oleh Pihak Yang Diberi Ganti Rugi, yang timbul dari, atau sehubungan dengan: (a) penyelenggaraan, pengoperasian, pengelolaan dan/atau pengadministrasian Platform dan/atau Layanan oleh, atau atas nama kami, (b) pelanggaran yang dilakukan oleh Anda terhadap ketentuan Persyaratan Layanan ini, atau kebijakan atau pedoman yang dirujuk dalam Persyaratan Layanan ini, atau (c) penggunaan atau penyalahgunaan Layanan oleh Anda, atau (d) pelanggaran hukum atau hak (termasuk namun tidak terbatas kepada HKI) pihak ketiga oleh Anda.

 

19. KETERPISAHAN

 

Apabila ada ketentuan dalam Persyaratan Layanan ini yang dianggap melanggar hukum, tidak berlaku, atau karena alasan apapun tidak dapat diberlakukan berdasarkan hukum dalam suatu yurisdiksi, maka ketentuan tersebut harus dianggap terpisah dari Persyaratan Layanan ini, dan tidak akan mempengaruhi keabsahan dan keberlakuan ketentuan lain dalam Persyaratan Layanan di yurisdiksi tersebut, maupun keabsahan dan keberlakuan ketentuan yang dianggap melanggar hukum, tidak berlaku atau tidak dapat diberlakukan tersebut berdasarkan hukum yang berlaku di yurisdiksi lain.

 

20. HUKUM YANG MENGATUR DAN PENYELESAIAN SENGKETA

 

Persyaratan Layanan ini diatur dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memandang pertentangan antara aturan-aturan hukum yang ada. Setiap sengketa, perselisihan, tuntutan atau perbedaan dalam bentuk apa pun, yang timbul dari, atau sehubungan dengan Persyaratan Layanan ini, terhadap atau yang berkaitan dengan kami atau Pihak Yang Diberi Ganti Rugi berdasarkan Persyaratan Layanan ini akan diserahkan ke, dan diselesaikan ke arbitrase yang diselenggarakan oleh Badan Arbitrase Nasional Indonesia yang didirikan pada 30 November 1977 berdasarkan Keputusan Kamar Dagang Indonesia No. SKEP/152/DPH/1977 di Indonesia menurut Aturan Arbitrase Badan Arbitrase Nasional Indonesia (Aturan BANI) di Jakarta oleh 3 (tiga) Arbitrator yang ditunjuk sesuai dengan ketentuan peraturan dan prosedur yang diberlakukan BANI pada saat arbitrase. Putusan Dewan Arbiter bersifat final dan mengikat para pihak.

 

21. KEPATUHAN DENGAN PRINSIP BISNIS PERSEROAN

 

21.1 Anda menjamin dan berjanji bahwa, dalam pelaksanaan Persyaratan Layanan ini, Anda akan bertindak dengan integritas penuh dan tidak akan meminta atau memberikan insentif, imbalan, kompensasi, maupun suap dalam bentuk apapun kepada karyawan Perseroan.

 

21.2 Anda menjamin dan berjanji bahwa Anda tidak akan memberikan hadiah atau melakukan jamuan yang bersifat pribadi, baik berupa uang, barang, serta pelayanan khusus (seperti penjemputan, diskon, jamuan makan, jamuan pijat atau karaoke, dan lain sebagainya) kepada karyawan Perseroan.

 

21.3 Dalam hal Anda terbukti telah melakukan tindakan-tindakan sebagaimana dimaksud pada ayat 1 dan ayat 2 di atas, Anda bersedia untuk menerima konsekuensi apapun baik dari segi bisnis maupun hukum berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

21.4 Dalam hal Anda dimintakan insentif, imbalan, kompensasi, maupun suap dalam bentuk apapun oleh karyawan Perseroan, Anda dengan ini bersedia untuk bekerja sama dengan Perseroan untuk melaporkan dan/atau berpartisipasi dalam setiap dan seluruh investigasi (sebagaimana diperlukan).

 

21.5 Anda dengan ini menjamin bahwa Anda tidak mempunyai hubungan dengan karyawan Perseroan, yang memungkinkan adanya potensi benturan kepentingan.

 

21.6 Pelanggaran atas ketentuan pada Pasal ini merupakan pelanggaran material dari Persyaratan Layanan ini, sehingga Perseroan tidak memiliki kewajiban untuk melakukan pembayaran atas layanan yang telah disediakan oleh Anda dan Anda tidak lagi memiliki hak untuk menuntut prestasi apapun dari Perseroan.

 

22. KETENTUAN UMUM

 

22.1 Kami mencadangkan seluruh hak yang tidak secara tegas diberikan dalam Persyaratan Layanan ini.

 

22.2 Kami dapat mengubah Persyaratan Layanan ini setiap saat dengan mengunggah Persyaratan Layanan yang direvisi di Platform ini. Penggunaan Platform oleh Anda setelah perubahan tersebut diunggah dianggap sebagai penerimaan Anda terhadap Persyaratan Layanan yang direvisi tersebut.

 

22.3 Anda dilarang mengalihkan, mensublisensikan atau memindahkan setiap hak yang diberikan kepada Anda berdasarkan Persyaratan Layanan ini, atau mensubkontrakkan salah satu atau lebih kewajiban Anda.

 

22.4 Tidak ada satu ketentuan pun dalam Persyaratan Layanan ini yang dapat diartikan sebagai pembentukan hubungan kemitraan, usaha patungan atau hubungan pemberi kerja dan agen, antara Anda dan kami, atau memberikan hak kepada Anda untuk membebankan biaya atau kewajiban apa pun atas nama kami.

 

22.5 Kegagalan kami sewaktu-waktu atau pada setiap saat untuk menuntut pelaksanaan ketentuan Persyaratan Layanan ini tidak akan mempengaruhi hak kami di kemudian hari untuk memberlakukan ketentuan tersebut, kecuali ketentuan tersebut dikesampingkan secara tertulis.

 

22.6 Persyaratan Layanan ini disusun semata-mata untuk kepentingan Anda dan kami, dan bukan untuk kepentingan orang atau entitas lain, kecuali untuk afiliasi dan anak perusahaan kami (dan masing-masing penerus dan penerima pengalihan hak Perseroan, afiliasi dan anak perusahaan kami).

 

22.7 Syarat-syarat yang tercantum dalam Persyaratan Layanan ini, berikut perjanjian dan kebijakan yang dicantumkan atau dirujuk dalam Persyaratan Layanan ini merupakan keseluruhan kesepakatan dan pemahaman antara para pihak sehubungan dengan Layanan dan Platform, dan menggantikan kesepakatan atau kesepahaman sebelumnya antara para pihak sehubungan dengan pokok permasalahan tersebut. Para pihak dengan ini juga mengecualikan semua ketentuan yang sesungguhnya tersirat. Dalam mengikatkan diri dengan perjanjian yang dibentuk berdasarkan Persyaratan Layanan ini, para pihak tidak mengandalkan laporan, pernyataan, jaminan, kesepahaman, kesanggupan, janji atau kepastian yang diberikan oleh siapapun, selain yang secara tegas dituangkan dalam Persyaratan Layanan ini. Masing-masing pihak, dengan tidak dapat dicabut dan tanpa syarat, melepaskan segala klaim, hak dan upaya perbaikan yang, kecuali untuk Bagian 22.7 ini, mungkin telah dimilikinya sehubungan dengan segala sesuatu yang disebutkan sebelumnya. Persyaratan Layanan ini tidak boleh bertentangan, dipertegas atau ditambah, dengan bukti perjanjian sebelumnya, perjanjian lisan yang dibuat pada saat yang bersamaan, atau syarat tambahan yang bersesuaian dengan perjanjian tersebut.

 

22.8 Anda setuju untuk mematuhi hukum, undang-undang, peraturan dan kitab undang-undang yang berlaku terkait anti penyuapan dan anti korupsi, termasuk, namun tidak terbatas pada Undang-Undang No. 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap, Undang-Undang No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana diubah terakhir dengan Undang-Undang No. 20 Tahun 2001, dan hukum dan peraturan yang berlaku lainnya serta menegaskan bahwa Anda telah dan akan mengimplementasikan kebijakan dan prosedur yang diperlukan untuk menjamin kepatuhan terhadap ketentuan tersebut.

 

22.9 Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah terkait Persyaratan Layanan ini, atau mengenai masalah-masalah yang dikemukakan dalam Persyaratan Layanan ini atau di Platform, Anda dapat menghubungi kami melalui berbagai cara yang tersedia, sebagaimana tercantum dalam Bagian 15.

 

SAYA TELAH MEMBACA PERSYARATAN LAYANAN INI, DAN MENYETUJUI SELURUH KETENTUAN SEBAGAIMANA TERCANTUM DI ATAS, BERIKUT SETIAP REVISI YANG DIBUAT SETELAHNYA. DENGAN MENGKLIK TOMBOL "DAFTAR SEKARANG" ATAU TINDAKAN LAIN YANG SERUPA SEBAGAIMANA DIATUR DI BAWAH INI, SAYA MEMAHAMI BAHWA SAYA SEDANG MEMBUAT TANDA TANGAN DIGITAL, YANG SAYA MAKSUDKAN UNTUK MEMILIKI KEKUATAN DAN AKIBAT HUKUM YANG SAMA, SEPERTI BILA SAYA MEMBUBUHKAN NAMA SAYA SECARA MANUAL.

 

Terakhir diubah: [xxx]

Apakah kamu puas dengan artikelnya?
Puas
Tidak Puas