Hai, ada yang bisa kami bantu?

Syarat dan Ketentuan Program Ekspor Shopee Flexi


1.     Pengantar

 

1.1.   Selamat datang di Program Ekspor Shopee Flexi ("Program"). Program ini adalah program yang disediakan oleh entitas Shopee lokal Anda, PT Shopee International Indonesia ("Shopee Lokal") untuk penjual yang memenuhi Syarat dan Ketentuan ini ("Anda" atau "Penjual Lokal"), untuk memungkinkan Penjual Lokal membuat akun dengan platform Shopee luar negeri ("Shopee Luar Negeri" dan bersama dengan Shopee Lokal dan afiliasinya masing-masing disebut, "Shopee") dan menjual produk Anda ("Produk") langsung kepada pembeli di platform Shopee Luar Negeri (yaitu situs web dan aplikasi belanja seluler yang disediakan dan dioperasikan oleh Shopee Luar Negeri).

 

1.2.   Shopee berhak untuk mengubah, memodifikasi, menangguhkan, atau menghentikan semua atau sebagian dari Program ini dan ketentuan-ketentuan di dalam Syarat dan Ketentuan ini kapan saja atau setelah memberi Anda pemberitahuan. Shopee dapat merilis layanan tertentu dari Program yang mungkin atau mungkin tidak berfungsi dengan benar atau dengan cara yang sama seperti versi final yang nantinya bekerja. Dalam kasus seperti itu, Shopee tidak akan bertanggung jawab terhadap Anda dengan cara apa pun. Shopee juga dapat memberlakukan batasan pada fitur tertentu atau membatasi akses Anda ke bagian, atau seluruh Program, atas kebijakannya sendiri dan tanpa pemberitahuan maupun tanggung jawab apapun.

 

1.3.   Dengan mendaftar ke Program, Anda dengan ini menerima dan terikat oleh Syarat dan Ketentuan ini, artikel Pusat Edukasi dan Pusat Bantuan Penjual Shopee Lokal (secara kolektif disebut "Kebijakan Shopee Lokal"), dan syarat dan ketentuan (termasuk namun tidak terbatas pada Ketentuan Layanan Shopee Luar Negeri), artikel Pusat Edukasi dan Pusat Bantuan Penjual dari platform Shopee Luar Negeri toko Anda di luar negeri (secara kolektif disebut sebagai " Kebijakan Shopee Luar Negeri" dan bersama dengan Kebijakan Shopee Lokal disebut, "Kebijakan Shopee").

 

1.4.   Syarat dan Ketentuan ini harus dibaca bersama dengan Kebijakan Shopee yang berlaku untuk Anda sebagai Penjual Lokal dan penjual Shopee Luar Negeri di bawah Program ini. Jika terjadi pertentangan antara Syarat dan Ketentuan ini dan Kebijakan Shopee Luar Negeri, ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini akan berlaku. Untuk menghindari keraguan, tidak ada hal-hal di dalam Syarat dan Ketentuan ini yang akan membebaskan Anda dari tanggung jawab, kewajiban, pernyataan, atau jaminan Anda sesuai dengan Kebijakan Shopee atau berdasarkan hukum.

 

2.     Kelayakan

 

2.1.   Program ini hanya berlaku untuk Penjual Lokal yang memenuhi persyaratan Shopee, termasuk hal-hal berikut ini ("Persyaratan Kelayakan"):

 

2.1.1.      Kinerja penjual dan kinerja toko yang memuaskan (sebagaimana dijelaskan lebih lanjut dalam artikel Pusat Edukasi Penjual);

 

2.1.2.      Produk tidak melebihi batas berat dan dimensi sebagaimana ditentukan oleh Shopee dalam Kebijakan Shopee;

 

2.1.3.       Produk tidak boleh berupa barang yang dilarang oleh penyedia jasa logistik yang mengirimkan Produk Anda dari pasar Shopee Lokal Anda ke pasar Shopee Luar Negeri;

 

2.1.4.      Produk harus mematuhi undang-undang yang berlaku di pasar Shopee Lokal Anda dan pasar Shopee Luar Negeri; dan

 

2.1.5.      Anda mematuhi semua ketentuan-ketentuan berdasarkan Kebijakan Shopee Lokal dan Kebijakan Shopee Luar Negeri.

 

2.2.   Shopee memiliki kebijaksanaan tunggal dan mutlak dalam menentukan apakah Anda memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam atau didiskualifikasi dari Program. Shopee berhak untuk mengeluarkan Anda dari Program jika Anda gagal mematuhi salah satu Persyaratan Kelayakan di atas.

 

3.     Pengiriman

 

3.1.   Shopee menyediakan layanan logistik lintas batas satu pintu yang mengangkut Produk Anda dari pasar Shopee Lokal ke lokasi Pembeli di pasar Shopee Luar Negeri, termasuk penyortiran dan transshipment Produk di gudang pasar Shopee Lokal, transportasi logistik internasional, bea cukai impor dan ekspor dan pengiriman ke alamat Pembeli yang ditunjuk di pasar Shopee Luar Negeri.

 

3.2.   Shopee akan mengatur pengiriman Produk kepada pembeli Shopee Luar Negeri melalui penyedia layanan logistik terpilih. Anda mengakui dan menyetujui bahwa Shopee Lokal, Shopee Luar Negeri dan Shopee dapat setiap saat melibatkan subkontraktor pihak ketiga (termasuk afiliasi Shopee) untuk membantu (termasuk, untuk menghindari keraguan, layanan dengan nilai tambah apa pun yang mungkin ditawarkan kepada Anda dari waktu ke waktu).

 

3.3.   Hak dan Kewajiban Penjual

 

3.3.1.Anda dapat mengirim Produk ke gudang kami melalui kurir atau transportasi logistik sendiri. Produk harus disertai dengan daftar barang dan dokumen serta informasi lain yang diperlukan oleh Shopee. Anda harus dengan jujur menyatakan isi, jumlah, nilai, berat, dan informasi lain dalam daftar barang, dan harus memberikan alamat pengiriman yang akurat dan informasi penerima. Anda bertanggung jawab atas keaslian, legalitas, dan kelengkapan informasi yang Anda nyatakan. Jika konten atau kuantitas Produk tidak sesuai dengan daftar barang selama proses masuk, atau informasi penerima tidak lengkap, Shopee dapat menolak Produk. Shopee tidak bertanggung jawab jika Produk tertunda atau tidak dapat dikirimkan karena informasi yang tidak benar yang Anda berikan.

 

3.3.2.Anda harus menjamin bahwa Produk mematuhi persyaratan Shopee serta undang-undang dan peraturan yang relevan, standar nasional/regional atau standar industri negara/wilayah impor dan ekspor dan bahwa Produk tidak melanggar hak pihak ketiga mana pun. Anda juga harus memberikan dokumen dan sertifikat kualifikasi yang relevan berdasarkan persyaratan di atas. Untuk Produk yang memerlukan persetujuan dan prosedur inspeksi, Anda harus memberikan bukti penyelesaian prosedur yang relevan kepada Shopee. Anda harus menanggung semua kewajiban yang timbul karena kurangnya dokumen di atas.

 

3.3.3.Anda harus mengemas Produk sesuai dengan standar pengemasan yang dipublikasikan di platform Shopee, dan kemasan harus memenuhi standar nasional/regional atau standar industri negara/wilayah impor, atau prinsip memastikan keselamatan transportasi jika tidak ada standar nasional/regional atau standar industri tersebut. Anda harus menanggung semua kewajiban jika paket tidak dikemas dengan benar.

 

3.3.4.Jika, karena cacat kualitas Produk Anda, cacat kemasan atau alasan lain yang dapat disebabkan oleh Anda, barang yang diangkut, alat transportasi, peralatan mekanis, atau barang lain dari Shopee atau pihak ketiga mana pun terkontaminasi, terkorosi, rusak, atau menyebabkan cedera pribadi atau kematian, Anda bertanggung jawab penuh atas kerusakan tersebut.

 

3.3.5.Anda harus mengganti rugi Shopee, atau pihak ketiga mana pun atas seluruh kerugian ekonomi yang disebabkan oleh keterlambatan pengiriman atau hilangnya nilai Produk lain, yang timbul dari penyitaan, penahanan, atau perubahan rute pengiriman karena Produk Anda adalah atau mengandung barang terlarang.

 

3.4.    Hak dan Kewajiban

 

3.4.1.      Shopee dapat membongkar dan memeriksa paket atau Produk sesuai dengan hukum yang berlaku. Jika paket atau Produk ditemukan merupakan milik atau mengandung barang terlarang (termasuk namun tidak terbatas pada barang yang dilarang untuk dijual atau diangkut oleh hukum dan peraturan yang berlaku, dan barang yang tercantum dalam Kebijakan Shopee termasuk Kebijakan Barang Yang Dilarang dan Dibatasi Shopee ) selama inspeksi atau proses transportasi, Shopee dapat memproses paket atau Produk ini sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku serta kebijakan Shopee berdasarkan tingkat keparahan pelanggaran, termasuk namun tidak terbatas pada pengembalian paket atau Produk kepada Anda atau menyerahkannya kepada otoritas terkait dan membebankan biaya tambahan yang dikeluarkan kepada Anda. Jika Shopee atau penyedia layanan pihak ketiga menderita kerugian karena barang terlarang, termasuk namun tidak terbatas pada penalti atau penyitaan oleh bea cukai atau administrator lainnya, Anda harus memberi kompensasi kepada Shopee atau penyedia layanan pihak ketiga terkait untuk semua kerugian yang ditimbulkan.

 

3.4.2.Jika, selama pembongkaran dan pemeriksaan atau proses transportasi, paket atau Produk ditemukan kosong, tidak sesuai dengan informasi yang telah Anda nyatakan atau persyaratan lain dari kebijakan Shopee, Shopee dapat menolak, mengembalikan, atau menghancurkan paket atau Produk dengan biaya tambahan yang Anda tanggung sesuai dengan kebijakan Shopee yang dianggap sesuai. Jika Shopee memiliki alasan yang masuk akal untuk meyakini bahwa Anda telah terlibat dalam aktivitas dan/atau transaksi penipuan atau mencurigakan, Shopee dapat atas kebijakannya sendiri membuang Produk dengan biaya Anda dan mengklaim terhadap Anda atas kewajiban hukum yang relevan (termasuk namun tidak terbatas pada pengurangan dari hasil penjualan Anda kerugian yang disebabkan oleh Anda kepada Shopee) tanpa memberi tahu Anda atau tanpa mendapatkan persetujuan Anda.

 

3.4.3.      Shopee dapat mengoreksi berat Produk Anda yang dinyatakan tanpa memberi tahu Anda jika Anda gagal menyatakan berat Produk secara jujur atau akurat.

 

3.4.4.Meskipun kami berusaha untuk mengirimkan Produk sesuai dengan jadwal pengiriman reguler kami, Shopee tidak akan bertanggung jawab kepada Anda atas segala bentuk kompensasi jika terjadi keterlambatan pengiriman Produk.

 

3.5.   Semua transaksi lintas batas tunduk pada undang-undang dan peraturan impor dan ekspor tempat pengiriman dan tempat penerimaan. Anda harus terbiasa dengan pembatasan impor dan ekspor yang relevan dari negara/wilayah tempat Produk diimpor atau diekspor. Anda memahami bahwa Shopee tidak memberikan nasihat hukum tentang impor dan ekspor dan setuju bahwa Anda akan menanggung semua risiko dan tanggung jawab terkait impor dan ekspor transaksi lintas batas.

 

3.6.   Dalam hal kegagalan pengiriman atau pengembalian dana dan/atau pengembalian Produk oleh Pembeli Shopee Luar Negeri, Kebijakan Shopee (termasuk Kebijakan Pengembalian Barang dan Dana) akan berlaku, kecuali bahwa:

 

3.6.1.      Jika Produk belum berangkat dari gudang transit Shopee Lokal, Anda dapat meminta pengembalian Produk dengan biaya Anda sendiri ke alamat yang Anda berikan kepada Shopee dalam waktu yang ditentukan yang diberitahukan kepada Anda oleh Shopee. Jika Anda gagal memberikan instruksi kepada Shopee dalam waktu yang ditentukan yang diberitahukan kepada Anda oleh Shopee, Anda akan dianggap telah kehilangan semua hak atas Produk tersebut, dan Shopee berhak untuk memutuskan pembuangan Produk atas kebijakannya sendiri. Anda harus menanggung semua kerugian Produk tersebut dan bertanggung jawab atas biaya apa pun yang timbul darinya atau biaya apa pun yang dibayarkan oleh Shopee atas nama Anda, termasuk namun tidak terbatas pada bea cukai, biaya layanan bea cukai dan biaya pengiriman, dll.; atau

 

3.6.2.Jika Produk telah berangkat dari gudang transit Shopee Lokal, Anda mengakui dan menyetujui bahwa (i) Produk tidak akan dikirim kembali kepada Anda; (ii) Shopee berhak untuk membuang Produk tersebut dengan cara apa pun yang dianggap sesuai; dan (iii) Anda akan dianggap telah kehilangan semua hak atas Produk tersebut. Shopee memiliki kebijaksanaan mutlak untuk membuat keputusan akhir tentang apakah ada kompensasi yang akan diberikan kepada Anda sehubungan dengan kegagalan pengiriman atau alasan pengembalian barang dan/atau dana.

 

Contoh pengiriman yang gagal antara lain sebagai berikut:

 

(a)   Pembeli menolak atau gagal mengumpulkan Produk;

(b)   Produk gagal mendapatkan izin impor dan ekspor dari otoritas bea cukai;

(c)  Produk ditahan atau hangus karena pelanggaran undang-undang dan peraturan manajemen masuk-keluar perbatasan atau peraturan Shopee mengenai barang terlarang; dan

(d)    Kegagalan pembeli untuk membayar pajak yang berlaku untuk tujuan bea cukai.

 

3.7.   Kehilangan atau kerusakan selama pengiriman

 

3.7.1.Jika ada masalah dengan pengiriman (termasuk keterlambatan, kerusakan, atau kehilangan Produk), Anda harus memberi tahu Shopee secara tertulis dan memberikan informasi seperti yang diminta oleh Shopee dalam waktu yang ditentukan, jika gagal, Shopee tidak akan bertanggung jawab sama sekali kepada Anda sehubungan dengan Produk tersebut. Untuk menghindari keraguan, kewajiban Anda untuk membayar biaya tidak akan dikesampingkan oleh paragraf ini. Rincian lebih lanjut tentang proses kompensasi ditetapkan dalam Kebijakan Shopee.

 

3.7.2.Batas kompensasi maksimum untuk satu pesanan harus ditetapkan dalam artikel Pusat Edukasi Penjual. Jika batas kompensasi maksimum tidak ditentukan dalam artikel Pusat Edukasi Penjual, kompensasi itu akan dibatasi pada nilai aktual Produk atau Rp815.000 (mana yang lebih rendah), dan kompensasi terbatas pada kerugian ekonomi langsung dari Produk, di mana Anda harus menyerahkan bukti tertulis yang relevan tentang nilai aktual Produk atau kerugian ekonomi langsung. Jumlah kumulatif kompensasi yang tersedia untuk Anda dalam satu tahun kalender tidak boleh melebihi Rp1.630.000. Jika Anda telah memperoleh kompensasi asuransi atau ganti rugi rencana perlindungan logistik pihak ketiga atau kompensasi atas kerugian ekonomi di atas, proses kompensasi akan menjadi tanggung jawab pihak tersebut, dan Shopee tidak akan bertanggung jawab atas kompensasi apa pun kepada Anda.

 

 

Penjual akan menanggung semua pajak yang timbul dari impor dan ekspor Produk, kecuali jika Shopee atau Pembeli setuju untuk menanggung pajak tersebut, atau jika Pembeli diharuskan menanggung pajak untuk impor Produk pada platform Shopee Luar Negeri tertentu sesuai dengan undang-undang pajak setempat. Dalam hal gagal membayar pajak impor yang berlaku, Shopee dapat menangani masalah tersebut sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini atau dengan cara lain yang dianggap sesuai oleh Shopee.

 

3.8 Semua biaya pengiriman pengembalian (jika berlaku) akan ditanggung oleh Anda kecuali dinyatakan lain oleh Shopee.

 

4.     Biaya dan Pembayaran

 

4.1.   Shopee dapat membebankan biaya untuk Program termasuk namun tidak terbatas pada biaya transaksi, biaya pengiriman, komisi, biaya layanan, biaya pemasaran, biaya penyimpanan, biaya pengiriman, pengembalian dan penggantian, dll.) dan pajak yang berlaku dan sebagainya (secara kolektif, "Biaya"). Rincian Biaya dapat ditemukan di artikel Pusat Edukasi Penjual di Platform Shopee. Shopee berhak untuk menyesuaikan tarif layanan dari waktu ke waktu sesuai dengan pembaruan kebijakan di setiap negara. Tarif berbagai Biaya akan diperbarui dari waktu ke waktu, dan Anda perlu memberikan perhatian khusus pada pemberitahuan pembaruan dari Shopee. Jika Anda terus berpartisipasi dalam Program setelah tanggal efektif pemberitahuan perubahan, Anda akan dianggap telah menerima perubahan tersebut.

4.2.   Untuk layanan yang disediakan pada masa puncak seperti libur wajib atau promosi penjualan Shopee, Shopee dapat menyesuaikan biaya yang berlaku dan tingkat layanan yang sesuai.

 

4.3.   Anda mengakui dan menyetujui bahwa Shopee dapat memotong jumlah yang harus Anda bayarkan kepada Shopee berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini atau perjanjian/ketentuan layanan lain yang berlaku dari hasil penjualan yang diterima dari Pembeli Shopee Luar Negeri. Atas permintaan Anda, Shopee akan memberikan tanda terima atau tagihan terperinci dari biaya dan pajak yang Anda bayarkan (jika ada).

4.4.   Terlepas dari paragraf di atas, Anda setuju bahwa Biaya yang harus dibayarkan kepada Shopee di sini akan bebas dari semua pemotongan dan jika ada pemotongan tersebut yang diperlukan, Anda harus membayar jumlah tambahan kepada otoritas pajak setempat yang berwenang sehingga setelah dikurangi semua jumlah yang harus dipotong, jumlah bersih dari pembayaran akan sama, setelah pajak, dengan jumlah Biaya yang akan jatuh tempo tanpa pemotongan tersebut kepada Shopee.

 

4.5.   Anda mengakui dan menyetujui bahwa metode pembayaran, mata uang, dan nilai tukar yang berlaku untuk penyelesaian biaya antara Anda dan Shopee akan ditentukan dan disesuaikan sesuai dengan kebijakan atau aturan yang diumumkan oleh Shopee pada saat itu; jika Anda tidak setuju dengan klausul ini, Anda harus berkomunikasi dengan manajer akun Anda atau agen layanan pelanggan Shopee secara tepat waktu.

 

4.6.   Anda mengizinkan kami untuk memulai entri debit atau kredit ke Saldo Penjual Anda (termasuk jika hal ini akan mengakibatkan saldo Saldo Penjual Anda tetap atau menjadi negatif) dalam keadaan berikut, termasuk namun tidak terbatas pada:

(1)   Memperbaiki kesalahan yang terjadi selama proses transaksi;

(2)   Ketika Shopee menentukan bahwa Anda dicurigai melakukan aktivitas dan/atau transaksi penipuan atau mencurigakan;

(3)   Menangani barang dagangan yang hilang, rusak, atau tidak sesuai;

(4)   Memproses hadiah atau diskon apa pun;

(5)   Memproses biaya yang tidak ditagih;

(6)   Menangani penyelesaian sengketa transaksi apa pun, termasuk kompensasi apa pun yang harus dibayarkan kepada Anda atau yang harus dibayarkan oleh Anda;

(7)   Menangani barang terlarang atau barang yang ditahan oleh bea cukai;

(8)   Memproses perubahan penjualan dan pembelian yang disepakati oleh Anda dan pembeli Shopee Luar Negeri; dan

(9)   Saat Anda mengaktifkan fungsi isi ulang otomatis dan saldo iklan Anda lebih rendah dari saldo minimum yang ditetapkan, untuk mengisi ulang saldo iklan Anda untuk akun iklan Anda.

 

4.7.   Jumlah yang harus dibayarkan kepada Anda untuk penjualan Produk dan jumlah lain yang harus Anda bayarkan (seperti jumlah yang diterima dari pengembalian dana Shopee) akan dibayarkan kepada Anda secara teratur sesuai dengan pengaturan Shopee (setelah penyesuaian yang sesuai, termasuk namun tidak terbatas pada pemotongan biaya yang harus Anda bayarkan kepada Shopee). Shopee dapat membayar Anda melalui saluran pembayaran yang tersedia (secara kolektif disebut sebagai "Akun Pembayaran"). Anda harus memberikan detail pembayaran yang diminta oleh Shopee agar Shopee dapat memproses pembayaran.

 

4.8.   Jika karena alasan apa pun Shopee tidak dapat menyetor dana ke akun pembayaran yang Anda tunjuk dan/atau tidak dapat menghubungi Anda, Shopee akan melakukan upaya yang wajar untuk menghubungi Anda menggunakan informasi kontak yang Anda berikan. Jika Anda tidak dapat dihubungi dan dana pembelian pembeli tetap tidak diklaim setelah seharusnya dibayarkan kepada Penjual, Shopee akan menangani dana pembelian pembeli yang tidak diklaim tersebut sesuai kebijakannya sesuai dengan hukum yang berlaku.

 

4.9.   Penjual harus menjadi pemilik manfaat dari Akun Pembayaran dan hanya dapat melakukan transaksi di Platform atas namanya sendiri. Shopee mungkin meminta Anda untuk memberikan informasi pribadi dari perusahaan dan penanggung jawab terkait, seperti foto ID terbaru, detail rekening bank, dan/atau dokumen lain yang diperlukan (termasuk namun tidak terbatas pada yang diperlukan untuk proses verifikasi pembayaran pihak ketiga atau persyaratan layanan pengiriman logistik) untuk tujuan verifikasi. Anda dengan ini menyetujui Shopee menggunakan atau memberikan informasi Anda kepada pihak ketiga untuk memfasilitasi penggunaan Shopee dan administrasi Program ini. Selain itu, Anda mengizinkan Shopee untuk menggunakan informasi Anda untuk melakukan pertanyaan yang dianggap perlu oleh Shopee untuk memverifikasi identitas Anda dengan entitas yang sesuai. Untuk informasi terperinci tentang bagaimana Shopee menangani data pribadi yang terlibat dalam informasi Anda, silakan merujuk ke Kebijakan Privasi kami.

 

5.     Kepatuhan terhadap Hukum dan Keterbukaan Informasi

 

5.1.   Anda menyatakan dan menjamin bahwa (a) semua Produk yang Anda jual mematuhi hukum pasar Shopee Lokal dan Shopee Luar Negeri, termasuk namun tidak terbatas pada, ekspor dan impor Produk tersebut dari pasar Shopee Lokal ke pasar Shopee Luar Negeri, masing-masing; dan (b) daftar yang tersedia di platform Shopee Luar Negeri tidak akan melanggar hak cipta, merek dagang, atau hak kekayaan intelektual lainnya dari pihak ketiga dan publikasi dan distribusi daftar di platform Shopee Luar Negeri tidak akan melanggar hak pihak ketiga mana pun.

 

5.2.   Anda mengakui dan menyetujui bahwa informasi hukum Anda, termasuk informasi atau dokumen apa pun yang telah Anda berikan kepada Shopee Lokal dan Shopee Luar Negeri dapat diungkapkan oleh Shopee atas permintaan otoritas pemerintah terkait, baik di pasar Shopee Lokal atau pasar Shopee Luar Negeri (seperti deklarasi impor dan ekspor, dan penerbitan faktur) untuk melindungi hak dan kepentingan konsumen yang sah dan penerapan hukum dan peraturan.

 

5.3.   Anda tidak boleh mengungkapkan kepada pihak ketiga informasi atau data non-publik apa pun yang diberikan kepada Anda oleh Shopee.

 

6.     Asuransi

 

6.1.   Anda setuju untuk mengganti kerugian, membela, dan membebaskan Shopee (termasuk Shopee Lokal dan Shopee Luar Negeri ) dan pemegang saham, anak perusahaan, afiliasi, direktur, pejabat, agen, co-brander atau mitra lainnya, dan karyawan kami masing-masing (secara kolektif, "Pihak yang Diberi Ganti Rugi") dari, dan atas pilihan kami, membela kami terhadap, setiap dan semua klaim, tindakan, proses, investigasi, pertanyaan peraturan, dan gugatan (selanjutnya disebut "Proses Hukum"") dan semua kewajiban, kerusakan, denda, denda penyelesaian terkait, denda, biaya dan pengeluaran (termasuk, namun tidak terbatas pada, biaya hukum atau biaya penyelesaian sengketa lainnya) yang dikeluarkan oleh Pihak yang Diberi Ganti Rugi yang timbul dari atau terkait dengan:

 

(a)   pelanggaran aktual atau dugaan pelanggaran Anda terhadap ketentuan apa pun dari Syarat dan Ketentuan ini atau Kebijakan Shopee;

(b)   pengangkutan atau pengiriman barang terlarang atau barang melanggar hukum lainnya;

(c)    informasi yang tidak benar, menyesatkan, atau salah yang diberikan kepada kami atau pihak ketiga mana pun sehubungan dengan Program;

(d)   penggunaan atau penyalahgunaan Program oleh Anda;

(e)   pelanggaran Anda terhadap hukum yang berlaku atau hak pihak ketiga; atau

(f)     setiap biaya kepatuhan pajak atau kewajiban pajak yang dikeluarkan oleh kami sehubungan dengan aktivitas Anda, yang timbul dari ketidakpatuhan Anda terhadap undang-undang pajak yang berlaku atau kami dianggap sebagai agen pajak Anda.

 

6.2.   Dalam hal Proses Hukum terhadap atau ditujukan kepada Shopee atau Pihak yang Diberi Ganti Rugi di yurisdiksi luar negeri mana pun di mana produk Anda terdaftar untuk dijual sesuai dengan Program, Anda setuju bahwa Shopee atau Pihak yang Diberi Ganti Rugi yang tunduk pada Proses tersebut dapat memohon atau menyebutkan nama Anda, atau mengungkapkan identitas Anda dan informasi terkait, dalam Proses tersebut dan bahwa Anda, sejauh yang diizinkan berdasarkan hukum yang berlaku, (a) menyetujui dan tidak akan menentang pelaksanaan yurisdiksi atas Anda dalam Proses tersebut; (b) tidak akan menegaskan klaim, gugatan balik, atau klaim silang apa pun terhadap Shopee atau Pihak yang Diganti Rugi dalam Proses tersebut; dan (c) setuju untuk menerima layanan proses sehubungan dengan Proses tersebut, dan persetujuan untuk layanan melalui email sejauh layanan melalui email dianggap sebagai bentuk layanan yang sah berdasarkan hukum.

 

7.     Keadaan Kahar

 

7.1.   Tidak ada pihak yang akan bertanggung jawab kepada pihak lain atau dianggap melanggar Syarat dan Ketentuan ini karena keterlambatan atau kegagalan untuk melaksanakan kewajibannya karena peristiwa atau penyebab di luar kendali wajar pihak tersebut ("Force Majeure"), termasuk yang berikut:

 

(a)   Tindakan Tuhan termasuk gempa bumi, angin topan, badai, banjir, kebakaran, penyakit, kabut, salju atau embun beku;

(b)   tindakan perang, kecelakaan, sabotase, pemberontakan, tindakan musuh publik, pemogokan, embargo, bahaya udara, tindakan terorisme, perselisihan lokal atau keributan sipil;

(c)    gangguan nasional atau lokal dalam jaringan transportasi udara atau darat dan masalah mekanis terhadap moda transportasi atau mesin;

(d)   undang-undang, peraturan, anggaran rumah tangga, larangan atau tindakan apa pun yang berlaku di pihak otoritas pemerintah, parlemen, atau lokal yang berlaku;

(e)   peraturan atau embargo impor atau ekspor;

(f)     gangguan lalu lintas, pemogokan, penguncian atau aksi industrial atau perselisihan perdagangan lainnya (baik yang melibatkan karyawan kami, atau pekerja pihak ketiga);

(g)   tindakan kriminal pihak ketiga seperti pencurian dan pembakaran; dan

(h)   epidemi kesehatan yang diumumkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia.

 

7.2.   Setelah terjadinya peristiwa Keadaan Kahar, kami dapat, atas pilihan kami, menangguhkan sepenuhnya atau sebagian pengiriman/pelaksanaan kewajiban berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini selama peristiwa atau keadaan tersebut berlanjut. Jika salah satu peristiwa Keadaan Kahar berlanjut untuk jangka waktu lebih dari satu (1) bulan, kami dapat memberi tahu Anda bahwa kami akan mengakhiri kewajiban kami kepada Anda berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini dengan segera.

 

8.     Pengecualian dan Batasan Tanggung Jawab

 

8.1.   Shopee tidak menanggung pernyataan atau jaminan tersurat maupun tersirat, atau kewajiban lain kepada Anda sehubungan dengan Program.

 

8.2.   Dengan mendaftarkan dan menjual barang melalui Program, Anda langsung melakukan transaksi penjualan dengan pembeli Shopee Luar Negeri. Kecuali untuk hak dan kewajiban yang ditetapkan dalam Syarat dan Ketentuan ini, Shopee tidak akan memikul tanggung jawab atau jaminan apa pun atas Produk yang Anda daftarkan untuk dijual. Shopee tidak bertanggung jawab atas kerusakan, penyelidikan, atau penalti apa pun, termasuk kerusakan yang disebabkan oleh pihak ketiga mana pun, yang timbul dari daftar barang Anda. Shopee berhak untuk membatalkan pesanan apa pun yang dibuat melalui Program jika transaksi tersebut melanggar atau kemungkinan melanggar hukum atau Kebijakan Shopee.

 

8.3.   Shopee tidak bertanggung jawab atas kerusakan tidak langsung, insidental, khusus, hukuman, atau konsekuensial, termasuk kehilangan penggunaan, kehilangan keuntungan atau gangguan bisnis, apa pun penyebabnya atau berdasarkan teori tanggung jawab apa pun.

 

8.4.   Anda setuju bahwa Shopee tidak bertanggung jawab atau berkewajiban atas kerugian dan/atau kerusakan yang timbul dari hal-hal berikut:

 

(a)   ketidakmampuan untuk menyelesaikan pengiriman Produk jika alamat pembeli tidak lengkap atau salah;

(b)   setiap ketidakpatuhan terhadap undang-undang dan peraturan apa pun termasuk undang-undang pengendalian ekspor, sanksi, tindakan pembatasan dan embargo;

(c)    jika salah satu Produk disita, ditahan, atau dihancurkan oleh otoritas pemerintah; atau

(d)   kesalahan apa pun yang disebabkan oleh Anda atau pembeli Anda. Misalnya, Produk tidak memiliki sertifikat seperti otorisasi merek, Produk milik atau mengandung barang terlarang, Anda gagal mematuhi Kebijakan Shopee termasuk penanganan/pengemasan Produk yang tidak tepat, kegagalan untuk memberikan alamat pengiriman, faktur, atau materi lain dengan benar atau tepat waktu, atau pembeli menolak untuk bekerja sama dengan bea cukai atau gagal memberikan dokumen yang diperlukan.

 

9.     Penarikan dan Pengakhiran

 

9.1 Shopee dapat menghentikan partisipasi Anda dalam Program kapan saja, dengan atau tanpa alasan, termasuk namun tidak terbatas dikarenakan hal-hal berikut:

 

(a)   pelanggaran aktual atau dugaan pelanggaran Anda terhadap ketentuan apa pun dari Syarat dan Ketentuan ini atau Kebijakan Shopee;

 

(b)   penggunaan atau penyalahgunaan Program oleh Anda;

 

(c)    pelanggaran Anda terhadap hukum yang berlaku atau hak pihak ketiga; dan/atau

 

(d)   Shopee percaya bahwa Anda tidak memenuhi syarat untuk terus berpartisipasi dalam Program.

 

Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang Syarat dan Ketentuan ini, silakan Hubungi di Customer Service kami sesuai dengan pedoman yang ditetapkan dalam https://seller.shopee.co.id/edu/article/3270 .

 

 

Terakhir Diperbarui: 23 Juni 2025

 

  
Apakah kamu puas dengan artikelnya?
Puas
Tidak Puas