1.1 Apa itu Pengembalian dalam Perjalanan
Pengembalian dalam Perjalanan adalah kebijakan di mana Pembeli dapat mengajukan pengembalian barang dan dana saat status pesanan sudah di jemput (pick up) oleh kurir hingga sebelum pesanan sampai di lokasi transit hub terakhir (atau pesanan yang berada “Dalam Perjalanan”), dengan terbatas pada syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Shopee (“Pengembalian dalam Perjalanan”). Halaman ini berisi syarat dan ketentuan Pengembalian dalam Perjalanan (“Syarat dan Ketentuan Pengembalian dalam Perjalanan”) yang berlaku untuk Pembeli dan Penjual.
Syarat dan Ketentuan Pengembalian dalam Perjalanan ini melengkapi Syarat Layanan Shopee, Kebijakan Privasi, Kebijakan Pengembalian Barang dan Dana, serta Kebijakan Shopee lainnya.
Seluruh syarat dan ketentuan yang dijelaskan dalam Ketentuan Layanan Pengembalian dalam Perjalanan ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan Shopee yang mengacu pada Syarat dan Ketentuan Shopee, tanpa dengan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Penjual dan/atau Pembeli.
1.2 Definisi
Penjual dan/atau Pembeli sepakat bahwa:
“Kebijakan” berarti kebijakan Pengembalian dalam Perjalanan.
“Paket” berarti paket siap kirim milik Penjual yang terdiri dari satu atau lebih produk atau barang yang akan dikirimkan oleh Penjual kepada Pembeli dengan menggunakan Jasa Kirim.
“Biaya Pengiriman Awal/ Forward Shipping Fee” adalah biaya pengiriman awal dari Penjual ke Pembeli.
“Biaya Pengembalian/ Reverse Shipping Fee” adalah biaya pengembalian barang dari Pembeli ke Penjual.
“Pengajuan Pengembalian dalam Perjalanan” adalah proses pengajuan pengembalian Paket oleh Pembeli untuk mengembalikan Paket yang sedang Dalam Perjalanan sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Pengembalian dalam Perjalanan ini.
“Kebijakan Shopee” berarti seluruh syarat dan ketentuan penggunaan Situs yang tercantum pada https://help.shopee.co.id/portal/article/71187 dan Kebijakan Privasi.
“Kebijakan Privasi” berarti kebijakan privasi Shopee yang tercantum pada https://help.shopee.co.id/portal/article/71188
1.3 Kebijakan Pengembalian dalam Perjalanan dan Biaya-Biaya
● Kebijakan Pengembalian dalam Perjalanan akan secara otomatis berlaku terhadap seluruh Penjual Shopee secara bertahap sesuai dengan kebijakan Shopee. Dengan terus menggunakan layanan Shopee (termasuk tetap menggunakan akun Shopee), Penjual dianggap menyetujui Syarat dan Ketentuan Pengembalian dalam Perjalanan ini.
● Untuk saat ini, Penjual yang tergabung dalam Kebijakan Pengembalian dalam Perjalanan tidak akan dikenakan biaya apapun. Shopee akan sepenuhnya menanggung biaya pengiriman (Biaya Pengiriman Awal/ Forward Shipping Fee dan Biaya Pengembalian/ Reverse Shipping Fee) dan tidak mengenakan biaya apapun kepada Penjual untuk pengajuan Pengembalian dalam Perjalanan.
1.4 Batasan dan Cara Pengembalian Barang Dalam Kebijakan Pengembalian dalam Perjalanan
Penjual dan/atau Pembeli sepakat bahwa:
A. Pengajuan Pengembalian dalam Perjalanan hanya berlaku untuk:
(i) produk tertentu yang memenuhi kriteria Syarat dan Ketentuan Pengembalian dalam Perjalanan (sebagaimana ditentukan oleh Shopee)
(ii) produk yang dijual oleh Penjual yang memenuhi Syarat dan Ketentuan Pengembalian dalam Perjalanan
(iii) pengiriman yang diantar oleh jasa kirim yang menerima Pengembalian dalam Perjalanan
B. Pengajuan Pengembalian dalam Perjalanan hanya dapat dilakukan oleh Pembeli untuk alasan pengembalian berikut ini:
(i) alamat Pengiriman salah;
(ii) Rincian Pesanan salah;
(iii) Pembeli menganggap bahwa pengiriman Paket yang sedang Dalam Perjalanan memakan waktu yang lama; atau
(iv) Berubah Pikiran sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Garansi Bebas Pengembalian.
C. Shopee akan meninjau Pengajuan Pengembalian dalam Perjalanan dan atas kebijakannya sendiri menentukan apakah Pengajuan Pengembalian dalam Perjalanan akan diterima atau tidak.
D. Pengembalian dalam Perjalanan dapat dilakukan dengan alur sebagai berikut:
● Pesanan masih dalam status pengiriman kepada Pembeli yaitu saat status pesanan telah di jemput (pick up) oleh kurir hingga sebelum pesanan sampai di lokasi transit hub terakhir (Dalam Perjalanan) .
● Pembeli wajib menunggu konfirmasi dari Shopee terkait persetujuan pengajuan Pengembalian dalam Perjalanan
● Pesanan yang dapat dikembalikan saat Dalam Perjalanan akan mengikuti Kebijakan Pengembalian Barang dan Dana yang sudah ada.
E. Penjual dapat mengajukan klaim kompensasi berdasarkan penilaian dan validasi Penjual dan/atau Shopee, jika Produk yang diterima kembali oleh Penjual sebagai hasil dari Pengajuan Pengembalian dalam Perjalanan yang berhasil sudah tidak sesuai dengan kondisi saat pengiriman. Pengajuan kompensasi atas Pengajuan Pengembalian dalam Perjalanan akan mengikuti alur kompensasi Shopee dengan kondisi berikut:
● Apabila Penjual telah mendaftarkan produk pada asuransi pengiriman Shopee (sebelum pesanan dibuat), Penjual akan mendapatkan kompensasi penuh senilai harga jual akhir.
● Apabila Penjual tidak mendaftarkan produk pada asuransi pengiriman Shopee (sebelum pesanan dibuat), Penjual hanya akan mendapatkan kompensasi sebesar maksimum 10x ongkos kirim atau senilai harga jual akhir, manapun yang nominalnya lebih rendah.
F. Saat ini, Kebijakan Pengembalian dalam Perjalanan hanya dapat dilakukan oleh jasa kirim tertentu yang mendukung Pengembalian dalam Perjalanan.
1.5 Kategori dan Jenis Produk yang termasuk dalam Kebijakan Pengembalian dalam Perjalanan
Kategori dan Jenis Produk yang termasuk dalam Kebijakan Pengembalian dalam Perjalanan adalah sebagai berikut, tunduk pada ketentuan di atas termasuk kebijaksanaan tunggal Shopee mengenai apakah permohonan Pengembalian Dalam Perjalanan akan diterima atau tidak:
Kategori | Kategori Produk | Produk yang dapat dikembalikan |
Fashion | Aksesoris Fashion | Semua produk kecuali Perhiasan berbahan logam mulia,Batu Mulia seperti emas dan permata, dan Perhiasan Berharga. |
Tas Pria | Semua produk | |
Pakaian Pria | Semua produk kecuali pakaian dalam, pakaian tidur, kaos kaki, dan baju renang | |
Sepatu Pria | Semua produk kecuali produk custom | |
Fashion Muslim | Semua produk kecuali baju renang | |
Koper & Tas Travel | Semua produk | |
Tas Wanita | Semua produk | |
Pakaian Wanita | Semua produk kecuali pakaian dalam, produk sisa ekspor, kain, pakaian tidur, kaos kaki, kain, dan baju renang | |
Sepatu Wanita | Semua produk | |
Fashion Bayi & Anak | Semua produk kecuali pakaian dalam, pakaian tidur, kaos kaki, dan baju renang | |
Jam Tangan | Semua produk | |
Elektronik | Audio | Semua produk |
Kamera & Drone | Semua produk | |
Komputer & Aksesoris | Semua produk | |
Gaming & Konsol | Semua produk | |
Peralatan Rumah Tangga | Semua produk | |
Handphone & Aksesoris | Semua produk kecuali sim card | |
Kebutuhan Harian | Perawatan & Kecantikan | Semua produk kecuali parfum |
Kesehatan | Semua produk kecuali obat resep, sarung tangan & masker medis, | |
Ibu & Bayi | Semua produk kecuali susu formula & makanan bayi, dan susu ibu hamil | |
Gaya Hidup | Automobiles | Semua produk |
Buku & Majalah | Semua produk kecuali e-book | |
Hobi & Koleksi | Semua produk | |
Buku & Alat Tulis | Semua produk | |
Olahraga & Outdoor | Semua produk kecuali baju renang dan diving | |
Aksesoris & Makanan Hewan Peliharaan | Semua produk kecuali produk makanan hewan peliharaan | |
Perlengkapan Rumah | Semua produk |