Hai, ada yang bisa kami bantu?

Bagaimana cara mengecek transaksi Off-Us Merchant ShopeePay?

Transaksi off-us adalah transaksi di mana Issuer (pihak yang melakukan pembayaran) dan Acquirer (pihak yang menerima pembayaran) memiliki entitas yang berbeda.

Berikut adalah contoh transaksi off-us, antara lain:

  • Pengguna ShopeePay & Merchant non-ShopeePay: Dalam hal ini, Shopee bertindak sebagai Issuer (Pengguna ShopeePay melakukan pembayaran ke Merchant non-ShopeePay).
  • Pengguna Non-ShopeePay & Merchant ShopeePay: Dalam hal ini, Shopee bertindak sebagai Acquirer (Merchant ShopeePay menerima pembayaran dari Pengguna non-ShopeePay).

Transaksi off-us yang dapat dilakukan pengecekan oleh tim Shopee adalah sebagai berikut: 

  • Merchant ShopeePay sudah memberikan produk ke Pembeli, tetapi belum menerima dana. Jika Pembeli terpotong (1X) dan Merchant menerima pelepasan dana (0X), maka Merchant mengajukan manual payout.
  • Merchant proaktif menghubungi CS karena beberapa keluhan dari Pembeli seperti: 
  • Pembeli sudah membayar, tetapi belum menerima produk
  • Pembeli membayar lebih dari 1 kali
  • Pembeli salah melakukan pembayaran (overpaid)

Berikut cara pengajuan permintaan laporan harian melalui Customer Service Shopee

  • Merchant dapat menghubungi CS melalui layanan Telepon dan Live chat di Pusat Bantuan Aplikasi Shopee atau di 021-80600991.
  • Merchant akan diarahkan melengkapi webform dan melengkapi data-data berikut : 
  • Nama Merchant
  • Nama outlet (Jika Merchant mempunyai lebih dari satu toko)
  • Email terdaftar
  • NMID (Dapat dicek pada QRIS merchant)
  • Nominal transaksi
  • Tanggal dan jam transaksi
  • Nama Issuer (Gopay, OVO, Dana, dan sebagainya)
  • Merchant memberikan produk (Ya/tidak)
  • Lampiran transaksi (Bukti transaksi/QRIS yang digunakan)
  • Tim Shopee akan melakukan pengecekan dalam waktu 1-3 hari kerja dan menginformasikan apakah transaksi termasuk kedalam kategori Goodfaith, Overfunding, atau proaktif Refund ke Pembeli.
  • Goodfaith: Penagihan/pembebanan dana karena perselisihan dalam suatu transaksi (Contoh: Merchant sudah memberikan produk namun tidak menerima pembayaran).
  • Overfunding: Kasus di mana Shopee menerima dana dari Switching (ditemukan di Switching Report), tetapi transaksi tidak ditemukan di Shopee Merchant Transaction Report.
  • Refund: Permintaan pengembalian dana kepada Pembeli atas transaksi yang disengketakan (Contoh: Pembeli tidak menerima produk/melakukan pembayaran lebih dari 1 kali)
  • Setelah melakukan pengecekan, tim ShopeePay akan menginformasikan ke Merchant proses dan SLA atas transaksi tersebut.
  • Goodfaith ke Issuer akan diproses dalam 30 hari kalender.
  • Overfunding akan diproses dalam 1-5 hari kerja.
  • Proaktif Refund ke Pembeli akan diproses dalam 30 hari kalender.

⚠️Catatan 

Selain proaktif Refund, jika Pembeli membayar menggunakan Issuer seperti (GoPay, Dana, OVO, atau lainnya), Merchant bisa mengarahkan untuk mengajukan chargeback ke issuer yang digunakan konsumen.

Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak