Transaksi off-us adalah transaksi di mana Issuer (pihak yang melakukan pembayaran) dan Acquirer (pihak yang menerima pembayaran) memiliki entitas yang berbeda.
Berikut adalah contoh transaksi off-us, antara lain:
- Pengguna ShopeePay & Merchant non-ShopeePay: Dalam hal ini, Shopee bertindak sebagai Issuer (Pengguna ShopeePay melakukan pembayaran ke Merchant non-ShopeePay).
- Pengguna Non-ShopeePay & Merchant ShopeePay: Dalam hal ini, Shopee bertindak sebagai Acquirer (Merchant ShopeePay menerima pembayaran dari Pengguna non-ShopeePay).
Transaksi off-us yang dapat dilakukan pengecekan oleh tim Shopee adalah sebagai berikut:
- Merchant ShopeePay sudah memberikan produk ke Pembeli, tetapi belum menerima dana. Jika Pembeli terpotong (1X) dan Merchant menerima pelepasan dana (0X), maka Merchant mengajukan manual payout.
- Merchant proaktif menghubungi CS karena beberapa keluhan dari Pembeli seperti:
- Pembeli sudah membayar, tetapi belum menerima produk
- Pembeli membayar lebih dari 1 kali
- Pembeli salah melakukan pembayaran (overpaid)
Berikut cara pengajuan permintaan laporan harian melalui Customer Service Shopee:
- Merchant dapat menghubungi CS melalui layanan Telepon dan Live chat di Pusat Bantuan Aplikasi Shopee atau di 021-80600991.
- Merchant akan diarahkan melengkapi webform dan melengkapi data-data berikut :
- Nama Merchant
- Nama outlet (Jika Merchant mempunyai lebih dari satu toko)
- Email terdaftar
- NMID (Dapat dicek pada QRIS merchant)
- Nominal transaksi
- Tanggal dan jam transaksi
- Nama Issuer (Gopay, OVO, Dana, dan sebagainya)
- Merchant memberikan produk (Ya/tidak)
- Lampiran transaksi (Bukti transaksi/QRIS yang digunakan)
- Tim Shopee akan melakukan pengecekan dalam waktu 1-3 hari kerja dan menginformasikan apakah transaksi termasuk kedalam kategori Goodfaith, Overfunding, atau proaktif Refund ke Pembeli.
- Goodfaith: Penagihan/pembebanan dana karena perselisihan dalam suatu transaksi (Contoh: Merchant sudah memberikan produk namun tidak menerima pembayaran).
- Overfunding: Kasus di mana Shopee menerima dana dari Switching (ditemukan di Switching Report), tetapi transaksi tidak ditemukan di Shopee Merchant Transaction Report.
- Refund: Permintaan pengembalian dana kepada Pembeli atas transaksi yang disengketakan (Contoh: Pembeli tidak menerima produk/melakukan pembayaran lebih dari 1 kali)
- Setelah melakukan pengecekan, tim ShopeePay akan menginformasikan ke Merchant proses dan SLA atas transaksi tersebut.
- Goodfaith ke Issuer akan diproses dalam 30 hari kalender.
- Overfunding akan diproses dalam 1-5 hari kerja.
- Proaktif Refund ke Pembeli akan diproses dalam 30 hari kalender.
⚠️Catatan
Selain proaktif Refund, jika Pembeli membayar menggunakan Issuer seperti (GoPay, Dana, OVO, atau lainnya), Merchant bisa mengarahkan untuk mengajukan chargeback ke issuer yang digunakan konsumen.