Anda bisa masuk ke akun Shopee untuk mencari pesanan yang sesuai dengan transaksi dengan melihat Riwayat Pesanan Anda.
- Jika Anda menemukan transaksi yang sesuai tetapi Anda tidak merasa membuat pesanan, Anda bisa mengecek apa ada orang lain (anak/pasangan/orang tua) yang memiliki akses ke akun Shopee Anda untuk membuat pesanan:
- Jika ya, Anda bisa menanyakan pada orang tersebut.
- Jika tidak, ada kemungkinan akun Shopee Anda diretas. Anda harus mengubah kata sandi akun Anda, PIN ShopeePay, dan menghubungi Customer Service Shopee untuk mendapatkan bantuan.
- Jika Anda tidak dapat menemukan transaksi yang sesuai di akun Shopee Anda, Anda bisa mengecek apa ada orang lain (anak, pasangan, orang tua) yang memiliki otorisasi untuk mengakses rekening bank/kartu kredit Anda.
- Jika ya, Anda bisa menanyakan pada orang tersebut.
- Jika tidak, segera hubungi pihak bank/penerbit kartu untuk mengetahui apakah pembayaran dapat dibatalkan. Hubungi Customer Service Shopee untuk bantuan lebih lanjut. Tim Shopee akan membantu melacak dan mengambil tindakan terhadap penipu, dan melindungi akun Anda dengan lebih baik dari transaksi penipuan tersebut.
Transaksi penipuan dapat terjadi ketika informasi pribadi atau keuangan Anda seperti detail bank atau kartu kredit, telah diretas. Untuk melindungi diri Anda dari transaksi yang tidak sah, pastikan Anda menyimpan informasi data pribadi dengan aman.
Berikut tips untuk menjaga keamanan informasi Anda:
- Log out akun Anda setelah menggunakan komputer di tempat umum.
- Berhati-hati terhadap link phishing selalu periksa ulang URL situs web saat memasukkan data pribadi.
- Jangan pernah membagikan OTP Anda dengan siapa pun.
- Atur metode verifikasi 2 (dua) langkah untuk keamanan tambahan.
- Selalu meng-update informasi tentang modus penipuan.
Jika Anda pernah menjadi korban penipuan transaksi, Anda bisa meminta bantuan dari pihak bank/penyedia kartu Anda. Shopee akan merespon laporan Anda dengan serius karena akan membantu menjadikan aplikasi Shopee yang lebih aman.