Merchant ShopeeFood dapat membatalkan pesanan ShopeeFood dengan 2 cara sesuai dengan tipe Merchant:
Merchant tanpa fitur Pesanan langsung dapat membatalkan pesanan ShopeeFood dengan menghubungi Customer Service Shopee.
Merchant dengan fitur Pesanan langsung dapat melakukan pembatalan secara mandiri melalui aplikasi Shopee Partner dengan memilih pesanan yang akan dibatalkan, kemudian lakukan langkah berikut ini:
Pilih Batalkan Pesanan > pilih alasan pembatalan > pilih Konfirmasi > pilih Ya, Batalkan untuk konfirmasi pembatalan, atau Tidak jika tidak jadi membatalkan.
Pembatalan pesanan dari Merchant dengan fitur Pesanan Langsung HANYA dapat dilakukan saat proses pesanan masih berlangsung dan Mitra Pengemudi Shopee BELUM mengklik tombol Antar Pesanan.
Sebelum melakukan pembatalan pesanan, Anda dianjurkan melakukan konfirmasi ke Pelanggan terlebih dahulu melalui nomor handphone yang tersedia.
Pembatalan pesanan dari Merchant saat ini WAJIB mengisi konfirmasi sebelum melakukan pembatalan
Alasan pembatalan Outlet Segera Tutup akan disembunyikan. Merchant bisa memilih alasan pembatalan lain yang sesuai
Bagian yang perlu dikonfirmasi oleh Merchant serta dampaknya adalah sebagai berikut
Alasan Pembatalan | Bagian yang Wajib Dikonfirmasi | Dampak |
Stok Habis | Nama menu yang habis Waktu yang dibutuhkan hingga menu tersebut tersedia kembali | Pesanan akan batal dan menu yang sudah dipilih tidak akan muncul di aplikasi Pembeli |
Outlet Sedang Sibuk | Durasi outlet tidak bisa menerima pesanan | Pesanan akan batal dan Pembeli tidak dapat melakukan pemesanan dari outlet hingga waktu yang ditentukan |
Outlet Sudah Tutup | Waktu tutup pada jam operasional perusahaan | Pesanan akan batal dan outlet akan tutup pada aplikasi Pembeli |
# | Question | Answer |
1 | Apa peningkatan yang dilakukan pada fitur Batalkan Pesanan? | Saat ini jika merchant melakukan pembatalan pesanan, maka merchant WAJIB mengisi alasan dari pembatalan tersebut, antara lain: 1. Stok Habis
2. Outlet Sedang Sibuk
3. Outlet Segera Tutup
4. Outlet Sudah Tutup
|
2 | Di mana saya dapat memilih alasan pembatalan pesanan? | Merchant dapat melihat alasan pembatalan pesanan dengan cara berikut 1. Buka salah satu pesanan di bagian Rincian Pesanan
2. Klik tombol Ubah/Batalkan Pesanan
3. Merchant konfirmasi kepada buyer dengan cara Pesan/Telepon
4. Merchant pilih alasan pembatalan pesanan
|
3 | Apakah pemilihan alasan pembatalan ini bersifat wajib? | Ya, setiap merchant WAJIB memilih alasan saat melakukan pembatalan pesanan |
4 | Apakah pemilihan alasan ini berpengaruh ke outlet saya? | Ya, setiap alasan yang dipilih merchant akan mempengaruhi outlet: 1. Stok Habis = Stok menu yang dipilih akan tidak aktif selama waktu yang dipilih
2. Outlet Sedang Sibuk = Merchant tidak dapat menerima pesanan selama waktu yang dipilih
3. Outlet Segera Tutup = Merchant tidak dapat menerima pesanan selama waktu yang dipilih
4. Outlet Sudah Tutup = Merchant tidak dapat menerima pesanan selama waktu yang dipilih
|
⚠️Catatan
Merchant dengan fitur Pesanan Langsung dapat membatalkan pesanan melalui aplikasi tanpa harus menghubungi Customer Service Shopee. Namun, jika Anda mengalami kendala saat membatalkan pesanan melalui aplikasi, Anda masih dapat menghubungi Customer Service Shopee untuk melakukan pembatalan.
Pembatalan pesanan melalui aplikasi atau Customer Service Shopee akan memengaruhi performa Merchant ShopeeFood.
Untuk memaksimalkan jumlah pendapatan dan memberikan pelayanan terbaik bagi Pelanggan, Anda disarankan untuk selalu menerima dan menyelesaikan setiap pesanan dengan baik.
Jika Anda sedang tidak bisa menerima pesanan, pastikan Anda melakukan penyesuaian jam operasional Merchant melalui aplikasi Shopee Partner. Ikuti langkah pada artikel [Merchant ShopeeFood] Bagaimana cara mengatur jadwal operasional Merchant?.
Jika Merchant memiliki lebih dari 1(satu) jam operasional dan memilih alasan pembatalan Outlet Sedang Sibuk atau Outlet Sudah Tutup, maka outlet akan buka kembali secara otomatis di jam operasional berikutnya
Jika Merchant memiliki lebih dari 1 jam operasional, Merchant bisa mengatur waktu hingga batas waktu jam operasional pada hari dimana Merchant melakukan pembatalan
Pada Pesanan Terjadwal jika pesanan belum masuk ke bagian Disiapkan, maka Merchant dapat langsung melakukan pembatalan tanpa perlu melakukan konfirmasi