Hai, ada yang bisa kami bantu?

Pembayaran QRIS Pelanggan Telah Berhasil, Tapi Transaksi Tidak Tercatat Pada Aplikasi ShopeePay

Jika pembayaran QRIS pelanggan telah berhasil namun transaksi tidak muncul pada ShopeePay Merchant, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

 
  1. Pastikan bahwa transaksi pelanggan Anda benar-benar telah berhasil

    Arahkan pelanggan untuk menampilkan bukti pembayaran di aplikasi mereka dan pastikan statusnya menunjukkan "Berhasil”. Simpan bukti pembayaran tersebut sebagai referensi jika diperlukan untuk pelaporan.

    Jika status pembayaran masih "Diproses," tunggu hingga transaksi berhasil dan tercatat di aplikasi ShopeePay Merchant sebelum melakukan langkah lebih lanjut.

  2. Periksa Koneksi Internet

    Pastikan perangkat Anda memiliki koneksi internet yang stabil. Koneksi yang lemah dapat menyebabkan keterlambatan dalam pembaruan data transaksi

  3. Cek Notifikasi Pembayaran
    Buka ShopeePay Merchant pada aplikasi ShopeePay dan periksa notifikasi pembayaran. Jika transaksi berhasil, tetapi belum muncul di riwayat, coba refresh aplikasi atau keluar lalu masuk kembali. 
  4. Periksa Riwayat Transaksi

    Buka menu Riwayat Transaksi di aplikasi ShopeePay Merchant. Pastikan Anda mengecek transaksi berdasarkan transaksi terbaru yang dapat dilihat pada riwayat transaksi paling atas

  5. Minta Bukti Pembayaran dari Pelanggan

    Jika transaksi tidak tercatat, minta pelanggan untuk menunjukkan bukti pembayaran dari aplikasi ShopeePay mereka sebagai referensi.

  6. Tunggu Beberapa Saat

Kadang-kadang, transaksi mungkin mengalami penundaan sementara dalam sistem. Tunggu beberapa menit dan coba periksa kembali riwayat transaksi.

 

Jika transaksi tetap tidak tercatat setelah mencoba langkah-langkah di atas, segera hubungi Customer Service ShopeePay. Sertakan detail transaksi seperti:

 
  • Tanggal & Waktu Transaksi

  • Nominal Pembayaran

  • Nomor Referensi (jika ada)

  • Tangkapan Layar/Screenshot Bukti Pembayaran dari Pelanggan

 
Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak